Wednesday, March 18, 2009

Rokok, Fakta dan Pencegahan


Tiada hari tanpa rokok. Mungkin kalimat itu cocok bagi pecandu riokok (adiksi nikotin). Beberapa jam tidak merokok, membuat mereka gelisah. Mulut terasa tidak enak hingga bingung melakukan sesuatu.

Kecanduan rokok sudah menjadi masalah serius yang dihadapi dunia. Di Indonesia, terdapat sekitar 63 juta perokok yang sulit menghindari kecanduan. Sedangkan, kematian akibat merokok mencapai 57.000 per tahun atau setidaknya 156 jiwa melayang setiap harinya. Jika tren merokok terus berlanjut, diperkirakan 85 juta penduduk Indonesia usia remaja saat ini akan menjadi perokok berat, dan 12-13 juta diantaranya akan meninggal di usia muda. Data WHO tahun 2008 mencatat, sebanyak 5,4 juta orang meninggal akibat rokok di seluruh di dunia. Sungguh sebuah angka yang mengerikan.

Banyak yang mengatakan berhenti merokok sangat sulit. Ada yang mengatakan lebih baik bercerai daripada merokok. Adapula yang mengatakan lebih baik berhenti makan daripada berhenti merokok. Hal itu terjadi karena merokok sudah dianggap lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, mereka juga menyadari dalam asap rokok mengandung 4000 zat kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan dirinya dan keluarga.

Berikut tips agar bisa terhindar dari bahaya rokok.

  • Ganti permen nikotin dengan permen karet atau permen mints sehingga menghilangkan aroma rokok pada mulut. Hilangnya rasa rokok pada mulut akan membuat orang melupakan rokok untuk seterusnya
  • Buatlah kegiatan lain untuk bisa mengisi waktu luang. Misal sehabis makan, kamu bisa mengunyah permen atau makanan penutup. Saat ngeblog, kamu bisa makan kudapan. Saat antre kendaraan, kamu bisa browsing atau membaca buku. Tidak mudah memang, tetapi bila dilakukan dengan tekad penuh serta konsisten maka akan bisa kamu lakukan.
  • Berolahraga dan minum cukup air akan membantu kamu melupakan rokok. Aktivitas ini akan membuat utbuh kamu tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin serta zat beracun lain dari tubuh. Olahraga bisa dilakukan di lingkungan yang banyak orang sehingga kamu juga bisa bergaul.
  • Berdoa. Ada orang yangmemulai pekerjaan diimbangi dengan doa. Tetapi, ada juga yang sering melupakan hal ini. Sebenarnya, disadari atau tidak, doa merupakan bagian penting dalam setiap hal yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com