Skip to main content

Global Warming dan Bumi

udah lama banget aku ingin ngepost membahas masalah yang sebenarnya cukup memprihatinkan dan ternyata
ini merupakan salah satu fakta yang selama beberapa tahun ini disembunyikan dari publik. lalu kemudian
muncul kembali setelah kita (manusia) kena akibatnya.

lihat saja efek global warming yang secara ekstrim mengubah iklim dunia secara simultan. bayangkan saja
pada saat musim panas di prancis, suhunya sudah mencapai 40 C. di beberapa kota di eropa mengalami musim
dingin yang lebih lama (pecahan Uni Soviet). lalu bagaimana dengan indonesia???

negara kita yang tercinta ini juga terkena dampak dari global warming itu sendiri. yaitu perubahan curah hujan secara drastis. frekuensi hujan yang tadinya normal menjadi lebih sering (akibatnya banyak kota-kota besar terendam banjir dan di kota lainnya) dan yang memiliki curah hujan rendah menjadi "lebih tandus" atau krisis kekeringan berkepanjangan. waktu saya nonton acara kick andy. dimana kebetulan temanya adalah isu climate change(perubahan iklim) yang menyebabkan beberapa tempat di seluruh dunia terjadi bencana dan hal-hal tak lazim seperti yang saya sebutkan sebelumnya. dan di kesempatan itu pula mas andy memperlihatkan salah satu pulau di negara kita yang curah hujannya HANYA 3 KALI DALAM SETAHUN!!! di daerah NTB.

sungguh hal yang tragis dan merupakan tragedi kemanusiaan.

kalau anda masih penasaran dengan fakta-fakta yang ada silahkan saja kunjungi official site dari film dokumenter "An Inconvenient Truth" di www.climatecrisis.net. oh yah film "An inconvenient truth" ini di buat oleh Al-Gore. mengingat dia telah menjadi aktivis lingkungan setelah mundur dari dunia politik. karena ada sesuatu yang lebih penting dari itu. Yaitu kenyataan bahwa "Bumi kita kita tempati terancam dalam bahaya"

nah sekarang, apa solusinya?? karena global warming itu merupakan banyak efek dari rumah kaca dan kendaraan (terutama gas karbon dioksida) belum lagi hutan yang di tembang sebagai penetralisir CO2, kemudian Polusi udara,Polusi suara, dan masih banyak lagi hal yang kita lakukan yang secara sadar maupun tidak. kita perlahan-lahan merusak Bumi. planet yang (satu-satunya) kita bisa tempati. bukan Di Mars atau Jupiter (MX).

Back to the Case. inilah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mengurangi emisi gas karbon di bumi:

1. mulailah menggunakan energi yang dapat diperbaharui
akhir-akhir ini sudah banyak penelitian tentang bahan bakar yang ramah lingkungan
2. jika sebelumnya anda sering bepergian menggunakan mobil, kenapa tidak pake sepeda? hitung-hitung olahraga,hemat bensin,dan tentu saja NO EMISI
Giring aja ngapelin cewenya pake sepeda (ungkapnya di acara Kick Andy)
3. hemat menggunakan listrik atau produk rumah tangga lainnya.
kita hemat listrik juga secara tidak langsung mendukung penghematan energi.
4. tidak menggunakan AC dan beralih ke Kipas Angin
ini memang contoh kecil tapi BAYANGKAN ANDA TELAH MENGKAMPANYEKAN PEMBUANGAN GAS FREON yang sudah jelas merusak lapisan Ozon di bumi. lagi pula kipas angin gak jelek-jelek amad.
5. Hemat Kertas=Hemat pohon
Pohon merupakan satu-satunya pabrik penghasil Oksigen dan bukan mesin lain. dan mereka adalah mahluk hidup. dan kertas terbuat dari pohon. logikanya jika kita menghemat pemakaian kertas jadi ada berapa pohon yang sudah selamat? think again......
6. Pisahkan Sampahnya
kelompokkan sampahnya berdasarkan yang bisa di daur ulang dan yang tidak. ini tentu akan menghemat source (sumber) yang sudah ada dibumi. kenapa musti dibuang kalau masih bisa dipakai?
7. Kampanyekan HIJAU LINGKUNGAN
ini yang seharusnya dilakukan oleh seluruh manusia di bumi. menanam kembali hutan-hutan dan imbangilah dengan rumah-rumah yang ada. kita tahu kalau manusia semakin tahun semakin bertambah dan akan memenuhi dunia ini yang semakin sempit. semakin banyak manusia semakain banyak oksigen yang diperlukan. kamu mau kalau menghirup udara saja harus bayar? bersyukurlah karena udara itu masih gratis. dan agar Bumi kita Awet hingga generasi berikutnya masih bisa berada di Planet yang bernama Earth (in english) udah seharusnya kita menjaga.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI?

Al-gore pernah berpesan bahwasannya krisis ini memang sesuatu yang harus kita hadapi. dan ini bukan hal yang sulit. karena kita manusia. mempunyai sejarah panjang.(coba lihat buku Sejarah)
ingat ketika orang-orang berhasil menghilangkan Fasisme, kemudian adanya persamaan hak pada wanita, kemudian penghapusan apertheid,dan lain sebagainya. kita, manusia yang membuatnya. apakah anda ingin generasi kedepan membaca di buku sejarah mereka seperti ini:
"Manusia tidak bisa mengembalikan alam seperti semula karena merekalah yang membuat pemanasan global" ?? kita pasti malu. terus apa yang harus di lakukan?

lakukan saja hal-hal kecil seperti yang saya sebutkan di atas kemudian perlihatkan,sampaikan,ceritakan "kebenaran yang tidak menyenangkan" ini kepada teman anda,saudara,kerabat atau siapa saja yang memang mempunyai tekad bahwa "KITA BISA MENGUBAH DUNIA MENJADI LEBIH BAIK"

semua kembali kepada anda. dan semoga bumi kembali menjadi hijau.

Comments

  1. Ya, aku juga ngerasakan perubahannya, pas lebaran kemarin aku keliling ke tempat temen2 di siang hari, dan dalam perjalanan rasanya tanganku seperti terbakar, apakah itu karna pengaruh global warming juga yach.

    padahal dulu gak gitu2 amat panas nya, tapi sekarang, wew...

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

FGO Log #1 Tutorial sampai Roll Starter

ROLL ATAU RE-ROLL? JAWABAN ADA DIKAMU! Halo, kali ini gw bakal tulis seingat gw log gw main FGO/English yang selanjutnya bakal gw refer jadi FGO aja. dan kali ini bakal fokus ke first 10x roll pertama gw. berhubung HP gw agak low-end banget jadinya nangkep screenshot hampir ga bisa bisa banget jadinya gw crop beberapa foto dari sumber wiki yang relevan disini   TAPI SEBELUMNYA  KITA KUDU MAIN STAGE TUTORIAL DULU. dan sekali lagi karena device gw ga bisa dipake buat rekam, jadinya pake video yutub punya orang aja. haha.  langsung skip ke 1:59 untuk liat tutorialnya. divideonya sendiri dicover sampai first 10x rollnya si empu yang punya akun, maka gw juga melakukan hal yang sama.  perihal in depth analisis akan gw tulis catetannya begitu ada waktu cukup lowong karena kudu ngebut ini itu.  singkatnya begitu sampai beberapa stage dan mengikuti prosedur dari sistem sampailah dimenu buat summon servant.  Dalam lore universe FGO, diceritakan oleh Da Vinci (yan