Wednesday, October 08, 2008

Global Warming dan Bumi

udah lama banget aku ingin ngepost membahas masalah yang sebenarnya cukup memprihatinkan dan ternyata
ini merupakan salah satu fakta yang selama beberapa tahun ini disembunyikan dari publik. lalu kemudian
muncul kembali setelah kita (manusia) kena akibatnya.

lihat saja efek global warming yang secara ekstrim mengubah iklim dunia secara simultan. bayangkan saja
pada saat musim panas di prancis, suhunya sudah mencapai 40 C. di beberapa kota di eropa mengalami musim
dingin yang lebih lama (pecahan Uni Soviet). lalu bagaimana dengan indonesia???

negara kita yang tercinta ini juga terkena dampak dari global warming itu sendiri. yaitu perubahan curah hujan secara drastis. frekuensi hujan yang tadinya normal menjadi lebih sering (akibatnya banyak kota-kota besar terendam banjir dan di kota lainnya) dan yang memiliki curah hujan rendah menjadi "lebih tandus" atau krisis kekeringan berkepanjangan. waktu saya nonton acara kick andy. dimana kebetulan temanya adalah isu climate change(perubahan iklim) yang menyebabkan beberapa tempat di seluruh dunia terjadi bencana dan hal-hal tak lazim seperti yang saya sebutkan sebelumnya. dan di kesempatan itu pula mas andy memperlihatkan salah satu pulau di negara kita yang curah hujannya HANYA 3 KALI DALAM SETAHUN!!! di daerah NTB.

sungguh hal yang tragis dan merupakan tragedi kemanusiaan.

kalau anda masih penasaran dengan fakta-fakta yang ada silahkan saja kunjungi official site dari film dokumenter "An Inconvenient Truth" di www.climatecrisis.net. oh yah film "An inconvenient truth" ini di buat oleh Al-Gore. mengingat dia telah menjadi aktivis lingkungan setelah mundur dari dunia politik. karena ada sesuatu yang lebih penting dari itu. Yaitu kenyataan bahwa "Bumi kita kita tempati terancam dalam bahaya"

nah sekarang, apa solusinya?? karena global warming itu merupakan banyak efek dari rumah kaca dan kendaraan (terutama gas karbon dioksida) belum lagi hutan yang di tembang sebagai penetralisir CO2, kemudian Polusi udara,Polusi suara, dan masih banyak lagi hal yang kita lakukan yang secara sadar maupun tidak. kita perlahan-lahan merusak Bumi. planet yang (satu-satunya) kita bisa tempati. bukan Di Mars atau Jupiter (MX).

Back to the Case. inilah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mengurangi emisi gas karbon di bumi:

1. mulailah menggunakan energi yang dapat diperbaharui
akhir-akhir ini sudah banyak penelitian tentang bahan bakar yang ramah lingkungan
2. jika sebelumnya anda sering bepergian menggunakan mobil, kenapa tidak pake sepeda? hitung-hitung olahraga,hemat bensin,dan tentu saja NO EMISI
Giring aja ngapelin cewenya pake sepeda (ungkapnya di acara Kick Andy)
3. hemat menggunakan listrik atau produk rumah tangga lainnya.
kita hemat listrik juga secara tidak langsung mendukung penghematan energi.
4. tidak menggunakan AC dan beralih ke Kipas Angin
ini memang contoh kecil tapi BAYANGKAN ANDA TELAH MENGKAMPANYEKAN PEMBUANGAN GAS FREON yang sudah jelas merusak lapisan Ozon di bumi. lagi pula kipas angin gak jelek-jelek amad.
5. Hemat Kertas=Hemat pohon
Pohon merupakan satu-satunya pabrik penghasil Oksigen dan bukan mesin lain. dan mereka adalah mahluk hidup. dan kertas terbuat dari pohon. logikanya jika kita menghemat pemakaian kertas jadi ada berapa pohon yang sudah selamat? think again......
6. Pisahkan Sampahnya
kelompokkan sampahnya berdasarkan yang bisa di daur ulang dan yang tidak. ini tentu akan menghemat source (sumber) yang sudah ada dibumi. kenapa musti dibuang kalau masih bisa dipakai?
7. Kampanyekan HIJAU LINGKUNGAN
ini yang seharusnya dilakukan oleh seluruh manusia di bumi. menanam kembali hutan-hutan dan imbangilah dengan rumah-rumah yang ada. kita tahu kalau manusia semakin tahun semakin bertambah dan akan memenuhi dunia ini yang semakin sempit. semakin banyak manusia semakain banyak oksigen yang diperlukan. kamu mau kalau menghirup udara saja harus bayar? bersyukurlah karena udara itu masih gratis. dan agar Bumi kita Awet hingga generasi berikutnya masih bisa berada di Planet yang bernama Earth (in english) udah seharusnya kita menjaga.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI?

Al-gore pernah berpesan bahwasannya krisis ini memang sesuatu yang harus kita hadapi. dan ini bukan hal yang sulit. karena kita manusia. mempunyai sejarah panjang.(coba lihat buku Sejarah)
ingat ketika orang-orang berhasil menghilangkan Fasisme, kemudian adanya persamaan hak pada wanita, kemudian penghapusan apertheid,dan lain sebagainya. kita, manusia yang membuatnya. apakah anda ingin generasi kedepan membaca di buku sejarah mereka seperti ini:
"Manusia tidak bisa mengembalikan alam seperti semula karena merekalah yang membuat pemanasan global" ?? kita pasti malu. terus apa yang harus di lakukan?

lakukan saja hal-hal kecil seperti yang saya sebutkan di atas kemudian perlihatkan,sampaikan,ceritakan "kebenaran yang tidak menyenangkan" ini kepada teman anda,saudara,kerabat atau siapa saja yang memang mempunyai tekad bahwa "KITA BISA MENGUBAH DUNIA MENJADI LEBIH BAIK"

semua kembali kepada anda. dan semoga bumi kembali menjadi hijau.

2 comments:

  1. Ya, aku juga ngerasakan perubahannya, pas lebaran kemarin aku keliling ke tempat temen2 di siang hari, dan dalam perjalanan rasanya tanganku seperti terbakar, apakah itu karna pengaruh global warming juga yach.

    padahal dulu gak gitu2 amat panas nya, tapi sekarang, wew...

    ReplyDelete
  2. Penyebab utama global warming :

    1.banyaknya peternakan-peternakan hewan di dunia ini
    2.penebangan pohon sembarangan
    3.polusi dimana-mana

    cara menangkal nya:
    1.jadilah vegetarian
    2.perbanyak menanam pohon
    3.pakailah teknologi ramah lingkungan

    untuk lebih lengkap nya lihat di:

    http://hernadi-key.blogspot.com

    info-info terbaru tentang global warming..

    ReplyDelete

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com