Skip to main content

Lingkungan Bisnis : Sosial Budaya (1/2)

                 
 Manusia adalah mahluk hidup yang dapat dilihat dari dua sisi, yaitu sebagai mahluk biologis, mahluk manusia atau "Homo Sapiens", sama seperti mahluk hidup lainnya yang mempunyai peran masing-masing dalam menunjang sistem kehidupan.

Sebagai mahluk sosial, manusia merupakan bagian dari sistem sosial masyarakat secara berkelompok dalam membentuk suatu budaya.



ilustrasi



Ada perbedaan mendasar tentang asalmula manusia. kelompok evolusionis, Darwin menyatakan bahwa manusia beasal dari kera yang berevolusi selama ratusan ribu tahun. berbeda dengan kelompok yang menyanggah teori evolusi melalui teori penciptaan, yang menyatakan bahwa manusia itu diciptakan oleh Allah/Tuhan YME.

Pemahaman tentang hidup dan kehidupan itu tidak mudah. Makin banyak hal yang anda lihat tentang gejala adanya hidup dan kehidupan, makin nampak bahwa hidup itu sesuatu yang rumit. Pada individu dengan organisasi yang kompleks, hidup ditandai dengan eksistensi vital yaitu:


  • Metabolisme
  • Pertumbuhan
  • Perkembangan
  • Reproduksi
  • Adaptasi Internal
hingga berakhirnya segenap proses itu bagi suatu "Individu". Tetapi bagi "individu" lain seperti sel-sel, jaringan, organ-organ, dan sistem organisme yang termasuk dalam alam mikroskopis, batasan hidup adalah tidak jelas atau samar-samar. 

Kehidupan adalah fenomena atau perwujudan adanya hidup, yang didukung tidak saja oleh mahluk hidup (biotik), tetapi juga benda mati (abiotik), dan berlangsung dalam dinamikanya seluruh komponen kehidupan itu. Ada perpaduan erat antara yang hidup dengan yang mati dalam kehidupan. Mati adalah bagian dari daur kehidupan yang memungkinkan terciptanya kehidupan itu secara berlanjut. 

Mahluk hidup bersel satu adalah mahluk yang pertama berkembang. Jutaan tahun kemudian kehidupan di laut mulai berkembang. Binatang kerang muncul, lalu ikan kemudian disusul amphibi. Lambat laun binatang daratan bekembang pula muncul reptil, burung dan binatang menyusui. Baru kira kira 25 juta tahun yang lalu muncul manusia yang kemudian berkembang dan berkelompok dalam suku-suku bangsa seperti saan ini dan hampir disetiap sudut bumi ditempati manusia yang berkembang dengan cepat.


Lingkungan hidup adalah suatu konsep holistik yang berwujud di bumi ini dalam bentuk, susunan dan fungsi interaktif antara semua pengada baik yang insani (biotik) maupun yang ragawi (abiotik). Keduanya saling mempengaruhi dan menentukan, baik bentuk dan perwujudan bumi dimana berlangsungnya kehidupan yaitu biosfir maupun bentuk dari perwujudan dari kehidupan itu sendiri, seperti yang disebutkan dalam hipotesa Gaia. Lingkungan hidup yang dimaksud tersebut tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. oleh karena itu yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah lingkungan hidup manusia. 


PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP


Belum ada definisi tentang lingkungan sosial budaya yang disepakati oleh para ahli sosial karena perbedaan wawasan masing masing dalam memandang konsep lingkungan sosial budaya. Untuk itu digunakan definisi kerja lingkungan sosial budaya, yaitu linkungan antar manusia yang meliputi : 

  • Pola-pola hubungan sosial serta kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spasial (ruang)
  • Yang ruang lingkupnya ditentukan oleh keberlakuan pola-pola hubungan sosial tersebut (temasuk perilaku manusia didalamnya) dan
  • Oleh tingkat rasa integrasi mereka yang berada didalamnya.
Oleh karena itu, lingkungan sosial budaya terdiri dari pola interaksi antar budaya, teknologi dan organisasi sosial termasuk didalamnya jumlah penduduk dan perilakunya yang terdapat dalam lingkungan spasial tertentu. 

Lingkungan sosial budaya terbentuk mengikuti keberadaan manusia di muka bumi. Ini berarti bahwa lingkungan sosial budaya sudah ada sejak mahluk manusia atau homo sapiens ini ada atau diciptakan. Lingkungan sosial budaya mengalami perubahan sejalan dengan peningkatan kemampuan adaptasi kultural manusia terhadap lingkungannya. 

Manusia lebih mengandalkan kemampuan adaptasi kulturalnya dibandingkan dengan kemampuan adaptasi biologis (fisiologis maupun morfologis) yang dimilikinya seperti organisme lain dalam melakukan interaksi dengan lingkungan hidup. Karena lingkungan hidup yang dimaksud tersebut tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, maka yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah lingkungan hidup manusia.

Rambo menyebutkan ada dua kelompok sistem yang saling berinteraksi dalam lingkungan sosial budaya yaitu sosio sistem dan ekosistem. Sistem sosial tersebut meliputi: 

  1. Teknologi
  2. Pola eksploitasi sumber daya
  3. Pengetahuan
  4. Ideologi
  5. Sistem nilai
  6. Organisasi sosial
  7. Populasi
  8. Kesehatan
  9. Gizi 

Sedangkan untuk ekosistem yang dimaksud meliputi:

  1. Tanah
  2. Air
  3. Udara
  4. Iklim
  5. Tumbuhan
  6. Hewan
  7. Populasi manusia lain. 
Dan interaksi kedua sistem tersebut melalui proses seleksi dan adaptasi serta pertukaran aliran energi, materi dan informasi.


BERSAMBUNG








Comments

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

FGO Log #1 Tutorial sampai Roll Starter

ROLL ATAU RE-ROLL? JAWABAN ADA DIKAMU! Halo, kali ini gw bakal tulis seingat gw log gw main FGO/English yang selanjutnya bakal gw refer jadi FGO aja. dan kali ini bakal fokus ke first 10x roll pertama gw. berhubung HP gw agak low-end banget jadinya nangkep screenshot hampir ga bisa bisa banget jadinya gw crop beberapa foto dari sumber wiki yang relevan disini   TAPI SEBELUMNYA  KITA KUDU MAIN STAGE TUTORIAL DULU. dan sekali lagi karena device gw ga bisa dipake buat rekam, jadinya pake video yutub punya orang aja. haha.  langsung skip ke 1:59 untuk liat tutorialnya. divideonya sendiri dicover sampai first 10x rollnya si empu yang punya akun, maka gw juga melakukan hal yang sama.  perihal in depth analisis akan gw tulis catetannya begitu ada waktu cukup lowong karena kudu ngebut ini itu.  singkatnya begitu sampai beberapa stage dan mengikuti prosedur dari sistem sampailah dimenu buat summon servant.  Dalam lore universe FGO, diceritakan oleh Da Vinci (yan