Thursday, March 03, 2016

Apa Itu Lingkungan Bisnis?

Jadi apa itu lingkungan bisnis? 


Dalam definisinya,lingkungan bisnis mengaku kepada semua hal yang mempengaruhi sebuah perusahaan baik itu dari faktor internal maupun eksternal termasuk diantaranya pegawai, pelanggan, manajemen, permintaan supply, dan regulasi bisnis.

Istilah "Lingkungan Bisnis" juga bisa dikatakan bersinergi dengan faktor eksterneal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. artinya dalam faktor eksternal adalah faktor faktor yang mempengaruhi sebuah bisnis yang tidak kontrolnya diluar dari perusahaan itu tapi berpengaruh pada kebijakan bisnis yang akan kita lakukan. contoh:


  1. Pelanggan
  2. Kompetitor
  3. Supplier
  4. Kebijakan pemerintah
  5. Sektor lain seperti budaya, teknologi, etc.

Maka lingkungan bisnis mempengaruhi kinerja dan kebijakan perusahaan dalam mengambil keputusan agar bisnis tetap bersinergi dan bertahan sekaligus dapat bersaing.


Ciri ciri lingkungan bisnis 


  • Lingkungan bisnis adalah jumlah total dari semua faktor eksternal untuk perusahaan bisnis dan sangat mempengaruhi suatu perusahaan.
  • Mencakup faktor faktor dan pengaruh pengaruh seperti pelanggan, kompetitor, supplier, kondisi sosial budaya, teknologi, serta kebijakan pemerintah.
  • Lingkungan bisnis bersifat dinamis, ia akan terus berubah.
  • Perubahan dalam lingkungan bisnis sangat tidak bisa ditebak, sangat sulit untuk memprediksi kedepannya seperti apa perubahan dalam lingkungan bisnis khususnya dalam hal ekonomi dan sosial.
  • Lingkungan bisnis berbeda di tiap tempat, wilayah, dan negara. kondisi politik di india berbeda dengan di pakistan, begitu juga dengan kultur dan sosialnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis


  • Menentukan Kesempatan dan Ancaman : interaksi antara peluang bisnis dan lingkungannya akan memunculkan peluang dan juga ancaman. artinya pelaku bisnis dapat mengantisipasi dan melihat peluang berdasarkan pengamatan tersebut sehingga bisa mengatasi ancaman ancaman yang mungkin akan datang dikemudian hari.
  • Memberi arahan pada perusahaan : kasarnya memberi arahan disini adalah memberi tujuan pada perusahaan dengan melihat potensi perkembangan berdasarkan keadaan lingkungan bisnis yang dimana nantinya akan berpengaruh pada perencanaan perusahaan kedepannya alias Ekspansi.
  • Belajar terus menerus : Analisis lingkungan memungkinkan kita mengatur strategi terhadap  perubahan dalan lingkungan bisnis, dengan bertambahnya pengetahuan dan dengan informasi yang diperlukan, maka akan dapat untuk merencanakan hingga memprediksi perubahan dalam dunia bisnis.
  • Membangun Image : Pemahaman lingkungan membantu organisasi bisnis dalam meningkatkan citra perusahaan dengan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan tempat mereka bekerja. sebagai contoh, perusahaan mengalokasikan pembuangan limbah ditempat yang aman.
  • Semangat kompetisi dalam Meeting : membantu perusahaan untuk menganalisis strategi pesaing dan merumuskan strategi yang sesuai dengan arah perusahaan.
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan : Lingkungan bisnis membantu mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan individu dalam lingkup perkembangan teknologi secara global.

Tujuan perusahaan dalam lingkungan bisnis 


Setiap perusahaan bisnis mempunyai tujuan tertentu yang mengatur dan menghasilkan aktifitas bisnisnya. tujuan sangat diperlukan disetiap sektor dimana performa dan hasil dalam bisnis mempengaruhi kelangsungan bisnis itu bertahan serta keuntungan dalam berbisnis.





Sumber : http://www.slideshare.net/NikhilSoares/business-environment-featuresmeaningimportanceobjectives-porters-model (Nikhil Soares)

1 comment:

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085364558922
    PIN : FBSID007

    ReplyDelete

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com