Monday, February 01, 2016

World React : FineBros mau nge"lisensi" video REACT di YOUTUBE?

I REACT TO REACT WORLD. WOW.


lama ga update dan tetiba dinewsfeed facebook gw lagi heboh sama postingan teman yang ngasih tau kalau dijagad yutub ada kejadian heboh.

diliat dulu ini tautan videonya.

(woops, udah dikasih private videonya)

gw jelasin dulu siapa itu FineBrosEntertainment. jadi FBE(gw singkat aja) adalah 2 orang sodara Benny Fine dan Rafy Fine yang merupakan seorang produser (online) di youtube yang tentu saja konten mereka ada diyutub. sama kayak miko punya bang dika gitu.

memulai karir sejak 2004 dan beberapa konten mereka sudah banyak yang terkenal, salah satunya yang masih viral sampai sekarang adalah chanel React Series yang bisa kalian akses disini.

cukup ya penjelasan singkatnya. sekarang kita masuk ke inti permasalahan yaitu tentang "Trademark" aka merek dagang. kalau kalian nonton video barusan, harusnya udah tahu permasalahannya.. tapi kalau misalkan kalian ga begitu mengerti bahasa inggris dan memilih untuk dijelaskan dengan singkat, padat dan jelas.... oke.

Fine Brothers ngasih pengumuman ke khalayak youtubers bahwa
mereka akan melisensi dan otomatis nge"trademark"
acara "React Series" dichanel mereka dan ngebuka kesempatan kepada para
kreator yang ingin berpartisipasi untuk membuat konten "React" yang sama
dengan format acara yang kurang lebih sama kayak mereka, macam something something amerika idol dan sejenis itu.


kurang lebih itu yang ingin disampaikan oleh mereka yang SAYANGNYA baru beberapa jam setelah video tersebut diupload langsung mendapat respon negatif dari sejumlah youtubers dari yang mengkritisi sampai ngesarkas video pengumuman REACT WORLDnya mereka.

seperti yang dijelaskan oleh video berikut dengan username Hybrid Nerd  video announcement mereka benar benar BERMASALAH dalam hal pempresentasikan ide mereka yang benar benar menunjukkan mereka agak superior (?) dan ngerasa bahwa TIDAK SEHARUSNYA KONTEN DI INTERNET, KHUSUSNYA ACARA REACT BEGITU. 



WOW, BRO... TAHAN DULU, KOK KALIAN JADI TIDAK NYANTAI BEGITU. 

CHANGE YOUR WAY TO THE FUTURE ENTERTAINMENT? WHAT A JOKE. WAIT. IS IT SUPPOSE TO BE A JOKE? 

TOP F*KING KEK LAH. 

yak, seperti yang kalian duga, secara tidak langsung mereka melisensi dan nge"trademark" REACT video sebagai video mereka dan mereka punya hak buat ngetakedown setiap video REACT yang mungkin menurut mereka itu kontennya (jika sama persis atau format acaranya) difreebooth (kegiatan reupload ditempat lain tanpa menyertakan sumber).

gw juga ngasih 1 video tentan reaksi orang orang (diyutub tentunya) tentan REACT WORLD. silahkan search keywordnya diyoutube atau digoogle, diforum seperti reddit juga dibahas, bahkan ada seseorang konten kreator (animator) yang sempat bekerja sama dengan Fine Brothers tapi sejak pengumuman REACT WORLD itu dia membuat video yang berisi soal surat terbuka terhadap Fine Brothers. silahkan ditonton.

dengan adanya masalah seperti ini sepertinya kalau yang namanya udah jadi perusahaan yang GEDE banget jadinya malah lo pengen nge"lisensi" acara lo dipublic domain. 

SALAH. SALAH BANGET BRO.  

oh iya, asal tau aja, sejak kejadian creator backlash ini, FBE kehilangan hampir 2juta lebih subscriber yang tadinya 15 juta sekian. 


dan mungkin akan terus berkurang. 



sue react meme
setidaknya dia jadi Meme kurang dari 1 minggu.








dan ini mengingatkan tentan beberapa skandal tentan masalah lisensi seperti Sony yang ingin melisensi video "LETS PLAY" yang ada dijagad raya internet, khususnya yutub yang untuknya ditolak. 

plus masalah Machinima yang juga ngebuat beberapa orang yang partnership sama mereka jadi ga dibayar plus akun adsense partnership revenuenya dibekukan jadi lo kerja gratis.(FYI pewdiepie juga sempat terjerat dengan Machinima yang untungnya masalah itu sudah selesai beberapa tahun lalu). 



GGWP FINEBROS



RIP FINEBROS REACT WORLD
NOT SO FINE RIGHT NOW.


REST IN PIECE.



UPDATE:! mereka membuat pernyataan permintaan maaf.

https://medium.com/@FineBrothersEnt/a-message-from-the-fine-brothers-a18ef9b31777#.rdltvtvk2

dan sebagai gantinya video Update. dan announcement React World diset Private.


No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com