Skip to main content

Laporan! tentang event dan sindronisme yang disalahgunakan

seeing isn't always believing


mungkin kata kata itu cocok untuk menggambarkan keadaan sekarang terutama untuk kegiatan yang saya amati,tekuni dan juga terjun didalamnya (apa bedanya coba xD) oke, agar tulisan ini terlihat santai saya berusaha pake bahasa formal saja, gak kayak tulisan sebelumnya. (dan tentu saja karena post ini akan diforward langsung ke fbku dari blog pribadi ini :D) oke mari kita baca laporannya

kira kira sudah 1.5 tahun sejak saya mulai terkontaminasi tentang event jejepangan dan akhirnya berakhir ke dunia cosplay. dan dari pertama kali saya dateng hingga sekarang saya baru tau ternyata keadaan cosplay tahun 2006 dulu dengan sekarang berbeda total (FYI : saya tinggal di daerah kalimantan timur, kota tarakan. dan disana tidak ada yang namanya event jejepangan, apalagi cosplay) mulai dari motivasi cosplay itu sendiri sampai sindrom yang melanda pelaku cosplay hingga akhirnya banyak kedok macam macam di berbagai sektor, dari event, tim cosplay, sampe ke individu sendiri. lebih parahnya lagi orang orang sekarang susah ngaku kalau kostum yang dia buat itu bener bener buatan dia. siapa tau aja itu beli, itu 50% bikin sisanya dibantu temen, dan lain lain. kalau gak mau ngasih tau juga gak masalah.. toh anda dapet dosa. dan cuma anda dan Tuhan yang tahu :p

baik, saya memulai dari event dulu. waktu pertama datang ke jogja dan dateng ke event jejepangan yg pertama kasih saya datangi, namanya Kimochi fest 2009 saya cuma bisa takjub dan bereuforia sendiri, karena seperti yang saya sebut sebelumnya, saya datang dari tempat yg gak mengenal apa itu event jejepangan dan apa itu cosplay dan sampai akhirnya saya liat dengan mata kepala sendiri yg selama ini saya taunya cuma lewat majalah game doank. pertama ngiranya acara itu keren dan gak ada macem macem dibelakangnya. pokoknya buat saya itu jadi patokan event jejepangan serta cosplay paling gede di jogja yg diadain setahun sekali. tetapi dari tahun ketahun saya mengamati event itu, ternyata ada banyak kejanggalan dan juga hal jelek yang berusaha mereka tutup tutupi, dan tentu saja yang tau cuma anak anak yang ikut diacara tersebut. jadi saya tanya mereka hingga akhirnya itu bukan jadi rahasia umum kecuali buat cosplayer newbie yang gak tau menahu intrik dan masalah dibelakangnya. dan mungkin ada baiknya mereka tidak perlu tahu urusan itu. cukup mereka rasain eventnya sendiri dan bagaimana berdasarkan pengalaman mereka mengalaminya.

kemudian beberapa bulan setelah mengalami euforia j-fest itu, saya dikasih kesempatan sama komunitas di kampus saya buat jadi koordinator acara, khususnya acara cosplay. jujur saja saya saat itu tidak tau apa apa dan gak punya pegangan tentang acara dalam cosplay itu apa aja yg diurusin, mulai dari pendaftaran, notice, teknikal meeting, ngurus rundown (karena saya koordinator acara) sampe ngedata cosplayernya, etc deh. pas hari H saya sudah memperkirakan bahwa acara bakal molor karena peserta membludak (membludaknya acara karena faktor tempat yang gede, jadi dikira eventnya gede dengan hadiah gede) itu baru dihari pertama untuk yg cosplay sama hiburan j-band doank. dan sesuai tebakan molor dan dicut. saya cuma bisa berdoa asal jangan bertambah parah dihari kedua (hari minggu). nah, pas acara hari pertama itu selesai, saya notice di FB ada yg bikin acara cosplay di tempat yang sama, di hari yang sama tapi tempatnya beda. dan diadain oleh (OKE, KITA SEBUT MEREK SAJA) Speedy cabang sini. nah loh, gw khawatir entar pas hari kedua penonton akan pecah dan bingung mau nonton mana, karena event cosplaynya ada 2 dihari yang sama tapi tempatnya beda. saya panik dan memutuskan untuk menelpon cp yang tertera di flyernya.. saya ngomong sama koordinator acara dan katanya kenapa kita gak ketemuan saya rembungin masalah ini. dan dia bakal datang langsung dari jakarta/bandung (gw lupa dia dari mana) sore itu dan mau membicarakan masalah ini baik baik setelah saya jelasin keadaannya dan dia juga jujur saja kaget, kenapa ada event cosplay ditempat yang sama. kata dia... dia gak tahu menahu dan cuma disuruh dari atasannya bikin acara yang menarik. dan walhasil jadilah orangnya milih event cosplay. dan saya semakin panik sekaligus bingung. sempat terfikirkan untuk kenapa kita gak merger saja tempatnya, dengan begitu saya gak punya masalah kalau sewaktu waktu acara yg saya handle molor dan langsung dicut begitu saja oleh pihak EO (FYI kita cuma di deal untuk menghandle acara mereka aja dan kuasa soal acara di cut atau enggak masih dipegang EO karena kita masih gak tau soal buat perjanjian khusus) dan massa penontonnya bisa lebih rame. nah karena sore itu saya gak bisa dapet tumpangan temen buat ke tempatnya dia (diundang untuk dirembungin bersama) akhirnya saya telpon kedia kita ngomongin hal itu besok pagi jam 8, 2 jam sebelum acara dimulai (dan sialnya lagi acaranya sama sama dimulai jam 10)

dan malam sebelumnya, saya ngelapor sama ketua saya dan dia ngasih pernyataan kalau awal deal itu kita yg disuruh bikin event cosplay, jadi harusnya mereka yg mau gabung ke acaranya kita. saya sampe diteriaki ditempat biar jelas, gak tau alasannya apa. aku manut wae deh (nurut aja)...

dan paginya, saya dateng langsung menemui orangnya yang bersangkutan dan ngobrol dalam waktu 30 menit. saya langsung blak blakkan aja agar mereka mau merger ke acaranya kita, tapi acara cosplay yg saya handle pindah tempatnya kesini, serta kita jadi official partner alias masuk sebagai main sponsor. karena uda jelas di tolak mentah mentah dan mereka malah mau kita yang gabung ke acara mereka tanpa harus masuk sebagai main sponsor, saya sejujurnya mau mau saja karena masalah molor molornya ituloh. saya akhirnya lapor lagi ke ketua dan dia cuma ngasih sign ala yg jaga line dibaseball. tapi kalimat yg keluar bukan "safe" tapi "cut". artinya mending gak usah, dan seperti yang gw khawatirkan. siap siap aja acara molor dan kejadian deh...

mulai dari bgm kagak bunyi (gw serasa kena kutuk), habis itu bgm kena cut, perform yg suaranya dikecilin sampe akhirnya acara dicut karena terlalu molor. dan gw berakhir dengan ekspresi oTL ditempat selama sejam. gw gak bisa nunjukin muka ke orang orang, malu banget..... dan beberapa orang terutama peserta sudah banyak yang protes dan sejak saat itu saya kena blacklist ke orang orang dan berujung pada event yg nanti kita bikin nantinya dan untunglah bisa cepat direcover. nah gw yg dalam mode galau uda gak bisa ngomong, uda gak bisa ngadepin muka ke orang yg sudah jelas merasa gak dihargain cosplaynya, etc. saya gak bisa ngomong lagi, gw dibackup sama ketua dan gw masih galau gak bisa ngomong sampe akhirnya gw mutusin sholat biar gak bimbang.

kemudian besoknya pas rapat evaluasi, gw niat gak mau dateng malah lari ke gamenet. berusaha melupakan masalah, tapi yg ada hp gw uda ditelpon mulu disuruh dateng, dan temen temen gak bakal mulai rapat evaluasi kalau gw belum dateng. karena uda jelas gw bakal kena semprot abis abisan, jadi gw nyiapin mental sama hati gw ke mereka, dan alasan apapaun yg gw utarakan sudah jelas gak bakal membackup karena sudah jelas gw salah dan langkah apa yg harus gw lakuin ke orang orang yg merasa dirugikan. ya kata ajaib "minta maaf" saja yg bisa gw omong. dan besoknya gw langsung janjian ke orang orang itu dan diselesaikan dalam 1 hari dan alhamdulillah selain gw uda dimaafin secara personal gw juga dicertain banyak soal mereka bikin event dan kendala kendalanya walau skalanya masih di sekolah . dan dari pengalaman itu pula gw cuma bisa belajar dengan menjadi hantu event.

dan semakin gw terlibat menjadi salah satu panitia di event cosplay, pasti saja ada yg gak beres. kalau yg sisi ini aman, tapi dari sisi cosplayernya yg gak nyaman dan memang yg namanya sesuatu yang lancar itu hal yang susah untuk didapatkan. karena orang gak bakal dapet exp kalau gak punya tembok yang menghalangi jalan lurus itu. kalau saya juggernaut, uda saya dobrak tuh langsung hancur deh :p

itu dari event, kemudian ada sindrom sindrom yang beredar dikalangan cosplayer, kayak being celeb wanna be, atau semua properti buatan dia, atau yang jelek jeleklah yg bikin atmosfer dunia cosplay akhir akhir ini jadi intens banget. senggol sana, senggol sini. sampe ada oknum yang pake cara cara kotor buat terkenal... dan ironisnya manfaatin newbie cosplayer yang nantinya jadi batu pijakan dan akhirnya di bantai ditempat disitu. tapi, apapun itu. saya cuma mengingatkan para newbie sekalian yg kayak saya atau yang mau cosplay... liat baik baik event itu kayak apa dan gimana, jangan mau buat tanya ke siapapun kenalan cosplayer anda, dengan catatan JANGAN SKSD karena kalau kamu begitu, sudah jelas bakal di cap jelek dan di blacklist rame rame. boleh ramah, tapi jangan kelewatan.

mungkin harus ada pengingat yang benar benar mengingatkan cosplay kalau kegiatan ini murni hobi. being celeb + popularitas itu bonus. sukur sukur kejepret foto kameko dan hasilnya bagus. who knows, right? intinya ngingetin kawan kawan semua jangan sampe keikut harus aneh aneh dan tetap pada alasan awal kalian kenapa mau cosplay :D


Ps : ya melihat belum tentu harus percaya kan? karena intrik itu sudah jelas orang menawarkan yg bagus bagus, kemudian pas muncul saatnya mereka maksa kamu yang aneh aneh.



jika post ini terasa egois atau ada yg sudah jelas benci sama saya karena sok filosofis atau bagaimana, monggo... saya sudah biasa kena semprot dan sudah biasa dijelek jelekin karena uda darisananya muka saya jelek. tapi doa orang teraniaya itu mujarab loh ....

Comments

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

Teman Dan Sahabat

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Ada satu perbedaan antara menjadi seorang kenalan dan menjadi seorang sahabat. Pertama, seorang kenalan adalah seorang yang namanya kau ketahui, yang kau lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kau miliki persamaan, dan yang disekitarnya kau merasa nyaman. Ia adalah orang yang dapat kau undang ke rumahmu dan dengannya kau berbagi. Namun mereka adalah orang yang dengannya tidak akan kau bagi hidupmu, yang tindakan-tindakannya kadang-kadang tidak kau mengerti karena kau tidak cukup tahu tentang mereka. Sebaliknya, seorang sahabat adalah seseorang yang kau cintai.. Bukan karena kau jatuh cinta padanya, namun kau peduli akan orang itu, dan kau memikirkannya ketika mereka tidak ada. Sahabat-sahabat adalah orang dimana kau diingatkan ketika kau melihat sesuatu yang mungkin mereka sukai, dan kau tahu itu karena kau mengenal mereka dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang fotonya kau miliki dan wajahnya selalu