Skip to main content

Rubiks, Fenomena di Awal Tahun 2010

mengawali bulan baru di tahun 2010 ini. ada olahraga yang namanya kurang begitu familiar tapi sedang naik daun sekarang. ya, namanya Rubiks. permainan yang dibuat oleh Erno Rubik di Budhapest, Hungaria pada tahun 1974 silam. game ini (sebenarnya bisa dibilang teka-teki) yang menurut gw termasuk dalam olahraga sensorik + mengasah IQ ini cukup rumit dan sebenarnya kubiks ini di desain untuk memecahkan rumus geometri bangun ruang Dimensi 3 (seperti kubus, balok, segitiga, dan lain sebagainya) dan kemudian disempurnakan oleh Solomon W Golomb.



 Bentuk Rubiks Sebelum di pecahkan (disusun warnanya)

seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan rubiks berubah menjadi olahraga modern dan di indonesia sendiri sedang naik daun. terutama di awal tahun 2010 ini. nah balik ke pembahasan soal Rubiks tadi. di luar negeri Rubiks dilombakan dengan nama Speedcubings. yaitu semacam kompetisi dimana seseorang harus memecahkan/menyusun rubiks dengan waktu secepat mungkin. dan untuk versi cube-nya menggunakan 3x3x3.

untuk speedcubing sendiri dari luar, waktu yang paling cepat tercatat 7.08 detik yang telah dibuat oleh Erik Akkersdijk pada tahun 2008 pada kejuaraan terbuka Rubiks dan masuk di Guiness World Record. untuk region Indonesia, rekor Speedcubing  tercatat 19.33 detik oleh Abel Brata Susilo di Hotel Grand Candi, Semarang.

untuk varian dari kubiks sendiri ada 7 macam yang disesuaikan dengan level user :

1. Tipe Pocket dengan ukuran 2x2x2













2. Tipe Standart dengan ukuran 3x3x3





3. Tipe Master Cube dengan ukuran 4x4x4






4. Tipe Professor's Cube dengan ukuran 5x5x5




 5. Tipe V-cube 6 dengan ukuran 6x6x6





6. Tipe V-Cube 7 dengan ukuran 7x7x7







untuk lebih jelasnya mengenai Rubik's Cube silahkan liat di page wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Rubik%27s_Cube

Trivia :
  1.  Rekor dunia resmi untuk rubik 3x3x3 pada tahun 2003 adalah 22,95 detik. Dipecahkan oleh Minh Thai dari Amerika Serikat.
  2. Dalam kurun waktu 1980 hingga 1982 (2 tahun) penjualan mainan ini telah mencapai 100 juta buah.
  3. Satu dari lima orang dewasa (di Amerika dan eropa) pernah mencoba memainkan permainan ini.
  4. Diantara 100 orang yang pernah memainkan ini, rata rata hanya ada 3 orang diantaranya yang mampu menyelesaikannya.
  5. Ada 43,252,003,274,489,856,000 kemungkinan kombinasi yang mampu disusun dari kubus kecil ini.(berdasarkan perhitungan matematis dengan metode permutasi 8!)
  6. Meskipun ada 43,252,003,274,489,856,000 kombinasi yang mampu dibuat oleh sebuah rubik sebenarnya tidak ada satupun kombinasi yang tidak dapat diselesaikan lebih dari 20 langkah (dengan perhitungan rumit computer).
  7. Erno Rubik, penemu permainan ini pada awalnya membutuhkan waktu 1 bulan untuk mampu memecahkan mainan buatannya sendiri. Bahkan dia sempat berpendapat bahwa mainan ini tidak mungkin diselesaikan.
  8. Pemegang rekor resmi WCA (World Cube Asociation2008 untuk rubik 3x3x3 dengan mata tertutup adalah Rafal Guzewicz dari polandia dengan waktu 54,22 detik pada kejuaraan Polandia Open 2008.
  9. Pemegang rekor resmi WCA (World Cube Asociation2008 untuk rubik 3x3x3 dengan satu tangan adalah Yu Nakajima dari jepang dengan waktu 14.56 detik pada kejuaraan Tokyo open 2008 .
  10. Metode yang paling banyak digunakan untuk menyelesaikan rubik adalah layer by layer, Jessica friddich, dan Lars Petrus
  11. Juara Kejuaraan Speedcubing Tyson Mao , Toby Mao dan penemu metode Lars Petrus pernah disewa untuk mengajari Will Smith menyelesaikan permainan ini agar dia mampu bermain dalam film Pursuit of happiness (scene fave saya)
  12. Jika seseorang mencoba secara acak untuk menyelesaikan permainan ini, maka waktu yang diperlukan akan melebihi umurnya sendiri.
  13. Sejak tahun 2003 kompetisi tahunan resmi diadakan di Hungaria untuk mencari siapa pemain rubik tercepat.
  14. Rubik telah menjadi bagian dari icon fashion modern, desain dari segala pernak pernik, dan diakui secara global.

Original post by Kaskuser. see this link for more information:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1000378 

Jadi Rubiks sudah menjadi trend baru lagi. sudahkah anda ngerubiks hari ini?

Comments

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

FGO Log #1 Tutorial sampai Roll Starter

ROLL ATAU RE-ROLL? JAWABAN ADA DIKAMU! Halo, kali ini gw bakal tulis seingat gw log gw main FGO/English yang selanjutnya bakal gw refer jadi FGO aja. dan kali ini bakal fokus ke first 10x roll pertama gw. berhubung HP gw agak low-end banget jadinya nangkep screenshot hampir ga bisa bisa banget jadinya gw crop beberapa foto dari sumber wiki yang relevan disini   TAPI SEBELUMNYA  KITA KUDU MAIN STAGE TUTORIAL DULU. dan sekali lagi karena device gw ga bisa dipake buat rekam, jadinya pake video yutub punya orang aja. haha.  langsung skip ke 1:59 untuk liat tutorialnya. divideonya sendiri dicover sampai first 10x rollnya si empu yang punya akun, maka gw juga melakukan hal yang sama.  perihal in depth analisis akan gw tulis catetannya begitu ada waktu cukup lowong karena kudu ngebut ini itu.  singkatnya begitu sampai beberapa stage dan mengikuti prosedur dari sistem sampailah dimenu buat summon servant.  Dalam lore universe FGO, diceritakan oleh Da Vinci (yan