Friday, January 22, 2010

Nama Itu Doa

gwe lagi ada mood buat nulis ginian gara-gara secara gak sengaja ngeliatin koper gw yang ada tulisan berinisial A.S bagi gw inisial itu cukup keren. entah kenapa bokap nulis inisal itu di koper. mungkin takut ketuker kali ya?  padahal menurutku itu terlalu berlebihan. tapi bukan itu masalahnya sekarang. tapi yang gw mau bahas kali ini soal nama gw yang dikasih waktu gw lahir "Awaluddin Syam" eniwei, di akte ama absen gw sekarang sering salah entah di huruf "l"nya yang dobel atau "d" nya yang double. hahahaha, yang penting nama gw tetep awal, bukan  nama yang selalu disebutin di kebun binatang itu, sukurs-sukur dikasih nama sama orang tua malah diganti sama nama kebun binatang, begh. gak banget deh.

gw pernah baca gitu kalau nama mencerminkan doa orang tua, atau bisa jadi harapan orang tua, atau sifat si anak nanti kelak, atau karena agar dia bisa seperti yang di inginkan orangtua dengan memberi nama yang bagus pada anak yang baru lahir. singkatnya, nama memang sebuah doa yang secara tidak langsung akan melekat sampai kita mati yang nantinya ini urusan kita apa nama kita nanti bakalan jadi seperti yang diharapkan sama orang tua kita apa  enggak. walau sebenarnya keinginan orang tua gak jauh jauh dari "berbakti pada orangtua dan menghormatinya"

nah sekian buat prolognya, sekarang gw mau cerita soal nama gw ini yang uda gw jelasin barusan. nah gw dikasih nama "Awaluddin Syam" kata bokap sih (entah gwnya yang lupa atau bagaimana) "awal yang cerah dan **** " kata  terakhir gw lupa, sori ya pa. entar gw tanya sama emak apa artinya nama gw (parah banget gw). nah yang nama  "Syam" ini katanya mau warisin nama panggungnya bokap dulu waktu masih jaman ngorkes dulu. yup, dulu bokap gw pake nama panggung "Edy Syam" nah gw berhubung anak cowo sendiri diantara 4 bersaudara makanya Last namenya dikasih syam, mungkin kelak bisa nurunin darah seni dari orang tua ke anaknya (tapi yang ada seluruh saudari gw punya darah seni).

dan akhirnya bokap gw cerita kalau nama panggung dia dulu itu "Edy Syam" sambil ketawa-ketawa jelasin ke gw waktu masih berumur 7 atau 10 tahun gitu. ya, bokap gw dulunya penyanyi merangkap gitaris yang kadang sesekali memainkan keyboard, dibanding ama gw yang taunya main gitar dengan suara pas-pasan kayak gini plus gak bisa main keyboard sama sekali bikin gw boring. gak memenuhi ekspetasi orang tua, tapi emang gak boleh maksa kehendak sendiri sih kata gw. ok balik ke cerita. dijamannya bokap gw itu, biasanya lagu yang dimainkan ya dangdut donk sama pop jadul macam the beatles (kalau gak salah). sampai-sampai ada personelnya bokap gw (perkusinya) yang jadiin aditional player waktu Mbak Rita Sugiarto manggung di kota sebelah (maksudnya kota sebelah tarakan, soalnya jaman bokap gw masih muda itu. tarakan masih banyak hutan dan belum terjamah orang orang). dan buat dijaman itu mendapat undangan macam tu suatu kebanggaan tersendiri, paling tidak diceritain ke anak cucu atau ke blog ini misalnya. wkwkwkkwkw.

nah kata bokap gw, yang namanya performance itu kalau ditanya nama jangan pake nama asli. harus pake nama panggung terus gw tanya kenapa bokap milih nama "Edy Syam" dia cuma bilang "itu susah carinya nak, hahahahahah" dasar, mau jadi rahasia nih keknya. kemudian waktu bokap dan nyokap masih remaja (tentu saja, gw masih dalam rencana sebelum gw lahir) paling ketemu sebentar, terus nikah dan jadilah gw.

gw liatin nama aliasnya bokap gw hampir diseluruh properti waktu dia manggung, entah itu baju, aksesoris, dan tak lupa Gear kalau dia mau manggung, kayak Neck gitar, Mic, Keyboard+Case, dan masih banyak lagi. bahkan baju yang mirip kayak elvis dan spatu boot panjang khas rocker masih kesimpan di kamar kakak gw. entar kalau gw pake dikira pamer lagi. lagian kalau make barang jadul dijaman sekarang pada protes atau pasti pada tanya

"beli dimana?" dan gw cuma bisa jawab
"ini koleksi dari bokap gw waktu jaman masih remaja"
gak keren banget gituloh.

tapi kalau difikir-fikir sih gw pengen banget pake baju jas lengkap ama itu spatu kapan-kapan. gw ngerasa jadul dan unik belum lagi kalau gw nari-nari rock n roll ala evis, bisa ketawa tuh bokap ama nyokap gw sambil ingat ingat masa masa indah. (orang tua dulu juga pasti punya kenangan manis, emang anak muda jaman sekarang aja bisa?)

well at least gw punya inisial Keren A.S ketimbang bokap gw E.S entar kalau misalkan gw punya anak gitu terus dikasih nama "Syam" belakangnya, i wonder.... inisialnya jadi apa yah? C.S? nah, gak cocok :D

well, that's all  about the story. cabut gan.

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com