Skip to main content

Gathering Gamedevid.org 2009

report, post ini juga sekalian buat PR dari adminnya gamedevid.org soal gath 2009. berhubung kegiatan tahun
ini terkesan dadakan dan juga KEBETULAN diadakan di kota jogja, jadi gak terlalu mikirin soal biaya transportasi
kalau mau ke tempat gathnya juga sekalian ngumpul sama para senior di GDI.

ok, agenda acara dari pagi hingga malam mulai dari workshop di kampus UII. dengan pembicara mas Hary, Mas Arif,
juga mas Guntur (om Soy) serta beberapa anggota GDI yang juga ikut di sesi pagi itu cukup baik. tapi berhubung
gw jam segitu kuliah jadi gak bisa ke UII buat ngikutin workshopnya. tapi bilang mas arif sih materi yang dibawakan
dengan workshop yang bakalan diadain di amikom siang itu juga sama. jadi semua kebagian jatah masing-masing donk.

pas gw selesai kuliah, gw uda nunggu workshop/kuliah umum itu atau apalah namanya. pas gw ngeliat di ruang citra
uda ngumpul banyak orang disitu buat daftar dan benar aja kok. pas sejam sebelum acara dimulai para peserta uda
rame ngumpul buat ngeliat gimana sih tentang game itu, bisnisnya, juga gimana gampang+susahnya bikin game dan
juga asiknya. atau bahasa kerennya "kalau kita bisa buat game, kenapa enggak?"

sesuai jadwal sebelumnya, sekitar jam 1 siang. kita semua masuk di ruangan citra. tapi ada yang aneh. 15 menit kelar
tapi pembicaranya belum datang. malah pas lagi nunggu disuguhi lagu karoke versi midi yang bikin gw senyum-senyum
sendiri dengarnya pas lagi duduk geje. ok, gw emang kelewat gila (dan emang bener sih) sebelah gw uda nyanyi-nyanyi
juga. gw diem. diem. diem.diem... gak berenti mikirin "ini orang bisa jadi autis beneran"

sekitar jam setengah 2 kemudian mahluk yang ditunggu keluar juga. mas arif yang notabene masih muda umurnya ngagetin
kalau dia dengan studio AGATE-nya ngebuat project game yang awalnya dia bilang "ide goblok" karena segmentasinya untuk
semua umur dan bisa dibilang komersi gede. atau mendekati macam game genre MMO gitulah. dan setelah itu mas arif juga
sempet ngeliat beberapa demo dibalik produksi gamenya. mulai dari sketch, coloring, modeling, animation, programming,
dan terakhir debug sebagai bahan keluaran ujicoba menggunakan engine game.

pas mas arif ngebawain materinya yang semangat banget dan juga sempat mempopulerkan kata "horror" dari para mahasiswa
(ah saya lupa kalau sebelum mas arif ngasih materi, ada orang dari funsoft juga mas VIAN ngasih materi Casual game dan
juga fakta bahwa mereka pernah kerjasama dengan publisher Alawar game. wow, keren banget) kini giliran mas guntur alias
om soy dari Soybeansoft (dan kebetulan orang jogja juga) ngasih materi tentang monetize flash game.

singkatnya, 2 jam workshop yang bisa ngisi kepala gw dengan dasar pemahaman seperti apa development game belum lagi
produksinya dan lain lain hingga bisa ngasilin duid. oh ya pas acara selesai kita juga sempat ngumpul sama senior GDI
yang lain buat sharing pengalaman development mereka. yang kebagian sharing dari nick UB(Ultraman Bastard), Pi-man,
Soybean, Jasperelao, Vince-pahn (sori kalau salah), Pendekar Kadal, + Adminnya sendiri. mas Arif. mas Henry keburu
pamit soalnya dia musti ngurus buat event DJUS malamnya. oh iya, sebelum kita bubar pulang, kita semua foto bareng
dulu. baru deh habis itu kita semua bubar. gw sempat juga ditanya usernamenya siapa. ya uda tak bilangin.

"siapa nicknya?"
"8zack8, paling aneh sendiri"
"oh... seepp"

gw sih seneng banget uda bisa tau langsung adminnya GDI. ok cukup basa-basinya dan gw langsung pulang. ah iya, gw baru
sadar kalau kesalahan fatal gw sebelum pulang adalah, lupa minta nomer para senior tadi, karena gw gak tau yang namanya
kepatihan itu dimana. gw cuma tahunya malioboro doank. dan jadi beginilah akhirnya.

malam itu, tepatnya pas jam 7 seperti yang dijanjiin. gw uda pusing dan bingung sendiri. soalnya temen gw semua sibuk
dan gak mau ngantar ke malioboro buat ngantar gw dan lagi juga kalau gw pergi uda pasti donk telat. tapi gw gak mau
stress mikirin soalnya katanya mas hary tadi sore bahwa acara realnya dimulai sekitar jam 8 malam. sedangkan jam 7 itu
mungkin akrab sama anak-anak GDI+makan malam bareng. nah jadi gw pergi kesana naik transjogja yang nyari jalur ke
malioboro. lucunya sebelum kesana gw sempat ngobrol sama ibu ibu buat nanya dimana kepatihan dan dikasih tau kalau
jalannya ya itu, kemalioboro. ya uda, gw uda mantap buat jalannya kesana.

mikir bahwa gw mungkin bakalan telat dan sadar bahwa gw gak punya nomer HP-nya om soy buat nanya-nanya kepatihan itu dimana
dan jadinya gw seperti anak hilang pas uda nyampe di malioboro. malah sempet-sempetnya tidur di bis pas lagi mepet-mepet.
gw turun dan uda cengokan bingung mau kemana sambil bawa tas yang berisi laptop gw. gw balik antara jalan kepatihan-malioboro
-malioboro mall. nah, itukan gw gak tau jalan dan namanya kepatihan itu gedung pemerintah daerah jogja. kan gw statusnya
masih belum hapal nama tempat, jadi harap maklum buat diri gw sendiri. gw periksa kantong, duid sisa seribu. gw jalan ke mall
malioboro, gak ada hotspot buat ngecek inet. soalnya kemarin om soy ngepost nomer HP-nya yang tragisnya, gw lupa simpen di HP
gw, tuh kan ketahuan begonya gw.

ok, setelah gw pusing berada di depan hotel Mutiara yang awalnya gw mikir mereka ngumpulnya didalam, dan juga tambah stress,
gw berusaha gak panikan dan dengan muka sedikit melas akhirnya gw mutusin buat minjem duid ke orang yang gak gw kenal. gw
bener-bener stuck banget, jadi mau gak mau ke warnet buat ceknya. jadi gw ngeliat orang di depan ATM di Hotel Mutiara tadi tuh,
trus gw samperin mbaknya. dan terjadilah percakapan kayak gini.


"hmm.. mbak misi. bisa minta tolong gak?"
"oh iya kenapa mas?"
"bisa pinjem duid 2 rebu gak?"
"wah gak ada mas. ini lagi tekor ini."
"bener ini gak ada?"
"mas, ada duid 2 rebu gak?"
"kenapa mas? buat apa?"
"gini, saya mau pulang tapi duid saya tadi jatuh. ini aja tinggal recehan seribu"
"hmm, ya uda ini"
"wah, makasih yah"
"iya sama-sama"

gw terima kasih banget sama itu mas-nya yang uda baik banget ngasih duid 2 rebuan masih fresh bau-bau uang baru. uda terima itu duid
gw bergegas nyari warnet yang daritadi gw bolak balik lewat situ. gw nyari spot kosong, dan langsung gw gunain 7 menit gw cuma buat
buka forum dan cek nomer HP-nya om soy. ok gw dapet, gw simpen, trus langsung ku sms dimana itu kepatihan. gak sampe 30 detik kemudian
dibalas smsnya dimana tempatnya dan gw sempet-sempetin update status FB dan langsung cabut, berhubung masih dekat dan uda mau mulai
acaranya. gw lari lagi yang ternyata tempetnya itu tepat di depan gw. YA GAPURA SEGEDE GABAN INI NAMANYA KEPATIHAN? MAMPUS GW.

keheranan sebentar dan ngos-ngosan habis lari tadi, gw musti lapor sama yang jaga post sambil nyebut kata sandinya

"mas, saya peserta MIKTI"
"oh, seminar? ya uda kamu masuk kedalem aja terus"
"ah iya, trima kasih pak"

gw cabut terus lari lagi ngos-ngosan. entah karena tas gw yang berat atau karena efek habis lari barusan yah? gw juga gak terlalu ngerti.
dan bener aja apa yang dibilang sama mas henry sebelumnya kalau acaranya bakalan dimulai sekitar jam 8 tepat. gw diliatin sama panitia
dari jogja IT yang juga cewe. cantik ternyata. sampe salah nulis nama berapa kali itu. LOL, belum lagi pas ditanya dari organisasi mana
gw sempat rada gak denger (biasa, telinga gw emang bermasalah dari sononya), gw cuma bilang

"dari gamedevid"
"ya? apa?"
"game development indonesia"
"ah... ya uda, kamu tulis aja disini" mbaknya senyum terus nyodorin buku tamu
"hmm tulis ya? "
*gw nulis nama sama alamatnya. tapi pas gw mau tulis lengkap*
"mas, ini nama organisasinya juga di tulis"
"ok, ok"

aduh, mbak panitia dari Jogja IT itu cantik banget ternyata XD. ok balik ke cerita tadi. setelah selesai barusan dikasih snack gw langsung
nimbrung sama senior yang lain yang ternyata bentar lagi acaranya mau dimulai. gw ngeliat ke arah om soy, di sahutin, gw balas balik. sambil
ngasih kode anggukan kepala kalau saya malu terus ngomong, "maaf telat om soy" trus om soy cuma senyum ketawa. ah payah gw. dan senior yang
lain ngasih senyum juga ke gw yang uda ngeliat gw sedikit keringetan.

materi DJUS ini dibawaain sama mas bullit dari A-box (kampung game) dan juga pak Suyanto dari AMIKOM. mas bullit ngebahas soal memasyarakat
video game dan juga sharing soal ide inovatifnya. sedangkan pak Suyanto membahas soal multimedia yang merambah ke video juga. yang mungkin
ke arah pasar luar negeri. dan setelah bahasannya selesai kita semua ngumpul dan ngobrol. gw malah asik bicara sama senior yang jarang
ke forum. paling cuma ngeliat isi treadhnya doank. setelah basa-basi bentar akhirnya mas bulit mau gabung sama kita ngomong soal para game
studio yang usul buat gabung bareng portal kampung game oleh mas bullit. dan disitu juga di kasih advice dan sempat juga ada tanya jawab.
gw juga sempat ditanya sama mas bullit (soalnya duduk tepat di sebelah gw). kayanya dia kaget kalau asalnya gw dari Kalimantan Timur. pesisir
pula, pas ngasih senyum aja itu mas bullit. hehehehehe.

ok setelah kelar acara DJUS dengan suasana lesehan tadi, akhirnya kita semua pulang. awalnya gw pulang niatnya cuman jalan kaki dari malioboro
dan tau tau mau dianterin sama senior gw. kan kaget mereka soal jalan dari malioboro ke janti jam 11 malam. dikira gak cape itu. wkwkwk tapi
kalau uda hobi jalan mau gimana lagi coba?. akhirnya gw diantar sampe pulang dan disepanjang jalan juga ditanya soal gw konsen kemana dan bla
bla bla. ok, uda nyampe, berenti dekat pos polisi. soalnya takutnya kena tilang cuma karena gw gak bawa helm tapi diantar aja uda enak banget
naik vespa yang dirawat dengan baik.

akhir kata, gw pulang dengan semangat dan dapat semangat trus bisa ketemu saya orang senior yang bisa dibilang mereka yang jago pada bidangnya
masing-masing. aduh, masa gw ketinggalan? gw pengen karya gw macam mbak clea di forum. well, mungkin target jangka pendeknya itu lagi kayaknya.
ngerilis demo lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

FGO Log #1 Tutorial sampai Roll Starter

ROLL ATAU RE-ROLL? JAWABAN ADA DIKAMU! Halo, kali ini gw bakal tulis seingat gw log gw main FGO/English yang selanjutnya bakal gw refer jadi FGO aja. dan kali ini bakal fokus ke first 10x roll pertama gw. berhubung HP gw agak low-end banget jadinya nangkep screenshot hampir ga bisa bisa banget jadinya gw crop beberapa foto dari sumber wiki yang relevan disini   TAPI SEBELUMNYA  KITA KUDU MAIN STAGE TUTORIAL DULU. dan sekali lagi karena device gw ga bisa dipake buat rekam, jadinya pake video yutub punya orang aja. haha.  langsung skip ke 1:59 untuk liat tutorialnya. divideonya sendiri dicover sampai first 10x rollnya si empu yang punya akun, maka gw juga melakukan hal yang sama.  perihal in depth analisis akan gw tulis catetannya begitu ada waktu cukup lowong karena kudu ngebut ini itu.  singkatnya begitu sampai beberapa stage dan mengikuti prosedur dari sistem sampailah dimenu buat summon servant.  Dalam lore universe FGO, diceritakan oleh Da Vinci (yan