Monday, March 09, 2009

Nilai sebuah Band

barusan pas aku lagi pulang sehabis beli senar gitar di supermarket, aku sempat mendengar suara agak riuh. "kayanya ada acara band di GTM" pikirku. dan beneran aja. disana pada ngumpul anak muda yang gak ada kerjaan nonton performance band itu sambil membawakan lagu ngehits.

kalau dipikir-pikir sih aku jadi kembali iri ngelihat orang ngeband. gak tahu kenapa, mungkin karena aku kali ini memutuskan untuk tidak ngeband lagi pada siapapun. tak terkecuali temen-temenku di sekolah. aku cenderung menolak dan tentunya dengan berbagai alasan biar bisa "kabur" dengan ajakan mereka itu.

baik, kembali ke "nilai sebuah band" alasan kenapa aku memilih untuk tidak ngeband dengan temenku itu karena. mereka semua cenderung egois. berpikir untuk memainkan lagu ini itu tanpa tahu kemampuan masing-masing. dan saya sebagai gitaris selalu mengalah pada mereka yang ujung-ujungnya ke solidaritas dalam sebuah band.

sebenarnya ngeband itu buat apa sih? mungkin menurut temenku itu yah (ini masih perkiraan saya gak tahu kalau dia mau apa) alasan dia ngeband soalnya iri liat temen-temennya bisa main gitar dan punya band dengan aliran ngerock. kalau masalah ingin dikenal itu urusan belakang. yang penting punya band itu sudah cukup bergengsi bagi dia. sedangkan aku berpikir ke arah yang lain. aku menilai bahwa sebuah band adalah sekumpulan orang yang punya arah dan tujuan yang sama dalam bermusik dan tidak ada rasa antara satu sama lain yang menonjol. atau singkatnya KOMPAK.

kalau disuruh milih enakan ngeband dulu atau sekarang, saya lebih memilih dulu. tepatnya waktu jaman saya masih SMP. masih newbie dan masih tak tahu menahu tujuan ngeband. waktu itu saya ngeband kelas 2. diajak sama seseorang yang belum aku terlalu kenal. katanya sih yah biar mahir main gitar. soalnya waktu itu saya baru aja belajar bergitar sekitar yah mau 1 bulan lah. dan apa aku dapat dari ngeband adalah bagaimana rasa SOLID itu dan orang-orang yang mau berkomitmen dengan musik mereka. bahkan yang iseng saja menikmati permainan mereka walaupun itu terkesan "asal bunyi" tapi nikmatnya ngeband itu yah sama bermain bersama-sama dengan media musik. tak bisa digambarkan yang jelas.

namun seiring berjalannya waktu. aku mulai berpikir bahwa ngeband itu mungkin cara cepat biar bisa menguasai apa itu harmonisasi, bisa sinkron dengan teman yang lain (bass, vokal, drum) dan dari situpula tercipta chesmistry atau semacam senyawa yang akhirnya membuat orang-orang tadi mikir bahwa "yuk kira ngeband" dan jadilah banyak band dengan kenapa mereka dibentuk. mulai dari alasan hobi ngumpul sama temen yang kebetulan bisa musik, terus karena gengsi pengen terkenal, atau alasan yang lain.

nilai dari sebuah band mungkin bisa dilihat dari niat para anggota bandnya. dan kalau niat kita asah kemampuan sih itu bagus. ketimbang pengen berkuasa sendiri dalam suatu band, mending tinggalkan aja. karena dalam ngeband kita gak butuh satu suara. tapi semua suara yang menyatu aka. BERSATU

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com