Monday, November 03, 2008

Berpromosi Blog

Apa yang kita pikirkan setelah sekian lama ngeblog? pasti ingin di kenal dengan orang-orang bukan? nah disinilah saya akan menulis beberapa pendapat saya mengapa berpromosi blog itu perlu, dan apa saja yang membuat blog kita di kenal oleh orang-orang, khususnya dunia maya.

Ok Let's we explain it one by one

1. Post Secara berkala dan menarik
Blog yang baik adalah penulis blog (atau bloggers) yang selalu mengupdate tulisannya. tentu saja ini bertujuan agar para pengunjung tidak bosan. kemudian isi dari post itu sendiri. contoh isi dari blog saya sendiri itu Diari,Artikel,Pendapat,Informasi,dan Tips. itupun dapat dari beberapa sumber, dari hal-hal yang ada di sekitar kita, dan lain-lain.
Contoh nyata dari blog Diari yang sampe dapat Award adalah penulis bego saat ini Raditya Dika menerima award kategori "Best Indonesian Blog 2003" di Domain dulunya kambingjantan.com (untuk lebih jelasnya beli bukunya yang berjudul "Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh")
Nah maka dari itu mari kita berlatih merangkai kata-kata agar para pembaca menikmati isi dari post kita dan dengan sendirinya akan hapal alamat blog kita ^^.

2. Tinggalkan Jejak
Biasakan untuk selalu meninggalkan komentar dari setiap post yang ada baca. entah dari siapa saja. ini sebagai bentuk apresiasi dan juga Jejak kalau-kalau sang empu blog ingin mengunjungi orang-orang yang lihat blognya.

3. Blogwalking
tidak ada yang lebih menyenangkan daripada blogwalking (searching blog orang/surfing blog) dan dari yang saya lihat-lihat ini, perkembangan blog berubah untuk menjadi tempat mencari uang dan tempat tutorial (nah yang ini bagus untuk melatih orang dalam hal dunia web). yah sama halnya dengan jalan-jalan. kalau kamu dapat barang bagus, siapa tahu kamu selalu singgah untuk melihat updatenya. nah kalau di blog kamu bisa menyimpan urlnya untuk di Bookmark atau berlangganan RSS nya.

4. daftar di seach engine
Salah satu cara agar mendapat pengunjung yang paling mujarab adalah dengan mengoptimalkan pengunjung dari berbagai macam Top Search Engine atau mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, MSN. Atau cara yang paling praktis adalah sign up di mypagerank.net dan submit url blog anda di semua search engine di layanan mypagerank. Anda juga bisa mendaftar melalui blog direktori macam technorati, blogdigger, feedburner, delicious, digg, dll. Blog direktori ini akan secara otomatis mengirimkan postingan anda ke berbagai search engine. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri di beberapa aggregator blog ternama atau weblog komunitas seperti blog-indonesia.
nah silahkan ikuti langkah-langkah tersebut atau kunjungi link tersebut.

5. Dari mulut ke mulut
Memang aneh tapi ini merupakan cara paling mujarab dengan memberitahukan teman tentang blog kamu,kenalan diluar,atau siapa saja. karena jika teman kamu senang dengan isi dari blog kamu otomatis dia secara sukarela akan "mempromosikan" blog kamu ke temannya yang lain. cukup mudah bukan???

6. Bergabung di Komunitas blogger/ikuti Milis
nah kalau langkah kita sudah mantap untuk menjadi Seleb blog (jadi blogger yang punya nama) maka tidak ada salahnya untuk ikut di milis blog, atau komunitas blog daerah. biasanya setiap daerah mengorganisir bloggers mereka. contoh saya bergabung di Komunitas Blogger Tarakan (walau nama saya gak masuk-masuk). dengan mengikuti milis dan komunitas blogger, kita akan punya kenalan baru dan beberapa pengetahuan, pemahaman tentang blog, tips dan saran dari bloggers yang sudah punya pengalaman atau senior.

Mungkin ini saja beberapa tips yang saya sebutkan, mungkin ada kekurangan. tapi secara garis besar berpromosi blog itu sama halnya dengan memasang iklan di TV. tinggal dari respon yang melihat atau si pembaca. apakah dia tertarik dengan blog kita atau tidak. semua kembali kepada pembaca.

4 comments:

  1. @ Mas anang: Makasih dah berkunjung...

    mari berpromosi Blog

    ReplyDelete
  2. thx atas infonya..

    blog saya dewamira.blogspot.com
    maen2 kesitu ya... lam kenal..

    ReplyDelete
  3. @ Dewa:

    Salam Kenal Balik Juga ^^

    ReplyDelete

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com