Friday, September 05, 2008

Manfaat Puasa

Menulis itu . . . . . . .

"Tidaklah Allah Memberikan kepada kita suatu aturan atau perintah atau larangan kecuali ada hikmah di dalamnya. Hanya saja kadang Allah memang tidak membukakan hikmah tersebut kepada kita"

begitulah firman Allah kepada hamba-hambanya bahwasannya banyak sekali manfaat dari apa yang kita jalankan selama menaati perintah Allah SWT.

dan salah satunya yang akan saya bahas adalah manfaat puasa. jadi kita puasa itu mengandung berkah.

Berikut Hikmah puasaRamadhan terutama yang berhubugan dengan kesehatan:

Peremajaan Sel-Sel Tubuh
Peremajaan sel-sel tubuh bermanfaat untuk meningkatkan kekebalandan kesehatan tubuh serta kulit kita.Oleh karena itu, orang yang sering berpuasa kulitnya akan terlihat segar, sehat, lembut, dan berseri karena proses peremajaan sel dalam tubuhnya berlajan dengan baik. (silahkan buktikan setelah Ramadhan selesai xD )

Perlindungan Dari Resiko Diabetes
Pada waktu puasa, terjadi pengurangan sirkulasi hormon insulin dan kadar gula darah.Pengontrolan gula darah yangbaik akan mencegah penyakit diabetes tipe 2, yang disebabkan tidak sensitifnya lagi hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

Reses Sistem Pencernaan
Diwaktu puasa lambung dan sistem pencernaan lainnya akan beristirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama kurang lebih satu bulan. dan dengan jangka waktu yang lama ini, akan mengurangi beban kerja lambungyang senantiasa bekerja pada waktu sebelum puasa. Sehingga ini membuat Lambung kita tetap berfungsi dengan baik. (sistem pencernaanitu butuh juga istirahat)

Pengurangan Berat Badan berlebih
Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan. secara ilmiah, rasa lapar tidak disebabkan karena perut kosong (karena tidak pernah diisi makanan) rapi juga dipengaruhi oleh penurunan kadar gula dalam darah.
Berkurangnya masukan energi pada orang berpuasa, membuat tubuh harus mencari sumber energiyang tersimpan di dalamnya, dan seperti yang anda duga yaitu lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. jadi setelah puasa sebulan penuh berat badan kita berkurang sekitar 4Kg.

Perbaikan Penyerapan Gizi
Puasa juga bnermanfaatuntuk memperbaiki prosespenyerapan dan pembentukan tenaga. Hal tersebut disebabkan racun-racun yang ada pada sel-sel dan jaringan tubuh telah dibersihkan, sehingga organ tubuh menjadi lebih bersih dan zat gizi yang masuk dalam tubuh lebih mudah diserap. Berpuasa dapat membantu meningkatkan penyerapan gizidari makanan yang dikonsumsi karena dalam saluran pencernaan, sebelum makanan diserap harus mengalami proses perubahan terlebih dahulu dari bentuk padatmenjadi komponen-komponen yang lebih halus. Dengan diistirahatkannya saluranpencernaan tersebut akan menjadi lebih baik dalam memproses dan menyerap makanan yang dikonsomsi, sehingga akan lebih bertenaga,sehat dan kuat.




dan masih banyak lagi manfaat puasa yang belum terjamah oleh kita. betapa besarnikmat Allah SWT

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com