Friday, September 19, 2008

Dia

sore hari itu, masih teringat jelas dia sering sekali lewat jalan ini. pulang dengan langkah kecilnya, bersama senyum yg ramah
pada semua orang.

namun sekarang sepertinya dia tidak melewati jalan ini. mungkinkah dia sakit? yah semoga saja dia baik-baik saja.

pagi ini aku bangun seperti biasanya. berkutat dengan rutinitas yang gak membosankan, yaitu sekolah. sentah mengapa kali ini
berat sekali kurasakan menginjakkan kaki kesana. apa karena aku kurang tidur semalam? atau mungkin aku yang gak enak badan.
entahlah. kali ini aku paksakan saja diriku untuk masuk sekolah. walaupun ibu sangat cemas padaku tapi dengan senyum,ku hanya
berkata "gak papa kok ma, ini cuma kurang tidur. nanti malam tidurnya agak cepat jadi bangunnya segar". dan akupun pamit pada
mamaku dan segera mengambil kunci motor dan bergegas menuju sekolah.

tidak selang sampai 15 menit, akhirnya sampai juga disekolah. ku parkirkan motorku di atas teras yang letaknya tidak jauh dengan
motor lain. dan sepertinya, teman-teman sekelas belum ada yang datang semuanya. mereka masih nongkrong di tempat parkir mereka
sambil bercerita tentang ini itu. entah kejadian kemarin,atau ocehan teman-teman,atau mungkin Ulangan yang akan di bahas. dan
baru kali ini aku gak bergabung dengan percakapan mereka. hanya ikut nimbrung saja mendengarkan.

waktu pun telah menunjukkan tepat pukul 7 pagi dan teman-teman pun akhirnya pada kumpul. jadi kami pun sama-sama pergi ke kelas
dan masuk pelajaran pertama . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Matematika . . . . . . entah kenapa pelajaran berhitung yang satu ini, yang menurutku merupakan momok menakutkan, berubah menjadi
bersahabat denganku. apa mungkin ini saran dari guru SMP yang bilang "kalau gak mau kesulitan belajar pelajaran apapun, hal pertama
yang harus kamu lakukan adalah kamu harus suka dengan pelajaran tersebut walaupun susah atau berat. karena nanti kalau suka akan
terasa ringan untuk mempelajarinya" dan jam pertama ini kami hanya memdengarkan beberapa penjelasan dan mengerjakan beberapa tugas
Alogaritma,Invers,Bangun Datar dan Ruang.

sudah selesai dan ternyata masih ada jeda waktu sebelum ke pelajaran kedua. yah mungkin sekitar setengah jam (karena cepat sekali
ngerjain tugasnya so gak ada kendala) dipakai temen-temen buat berkeliaran kesana kemari. yang cewe pada ngeggosip ma teman cewe
yang lain atau pergi ke kelas lain mencari temannya yang gak ada kerjaan juga. sedangkan para cowo sibuk dengan urusannya masing
-masing. beberapa ada yang dari tadi pagi Online FS Via mobile, dan hanya ada 2 orang yang kelihatan tidur dengan nyenyak, dan aku
sendiri hanya termenung dengan kebosanan ini. . . . . . . . sama seperti hari biasanya.

Sejarah . . . . . . . . pelajaran dengan guru yang agak asik sehingga memudahkan pemahaman. dan asiknya lagi kami bisa bercanda
ria dengan gurunya. ditambah lagi dengan "medok" khas guru tersebut. jadi klop banget degh suasananya. dan kali ini guru membahas
sedikit tentang sosiologi. dan rumitnya pelajaran ini sempat membuat kami diam bak anak manis yang haus akan ilmu. walaupun ada
sedikit yang teriak untuk mencarikan suasana tersebut (maksudku bercanda).

setelah 2 jam berkutat dengan penjelasan guru, bel berbunyi. dan kami-pun keluar dengan tertibnya. ada yang berlari untuk segera pergi
ke kantin karena kantin selalu penuh pada istirahat paginya, dan sepi pada istirahat siangnya. karena aku belum sarapan tadi pagi,
aku hanya pergi ke kantin untuk beli beberapa camilan penambal perut. dan lagi-lagi ku memikirkan tentang mimpi tadi malam.seakan-
akan menunjukkan sebuah isyarat.

tiba-tiba seorang teman menghampiriku dan segera menyadarkanku dari khayalan tingkat tinggi itu. "Uii ngapain bengong-bengong sambil
makan?? eh beliin gwa Frestea bsok gwa ganti" aku hanya mengiyakan dan menyuruhnya ambil saja di Freezer tersebut. dan dia minum di
depanku beberapa teguk. dan setelah itu langsung di sodorkan padaku beberapa pertanyaan.
"hei, ngapain bengong pagi-pagi gini?? mimpiin cewe yah?? ayo ngaku"
"ah? gpp kok. lagi malas aja nih tiba-tiba aja blank kepalaku"
" ya ella, alasan"
"mau gak aku bayarin? "ancamku
"wah ngancam nih . . . iya-iya degh" dan kelihatannya dia pucat
"makanya diem aja. lagian lagi kosong nih isi kepala . . . . ."
"Wah ekspresinya ampun DJ"

di kelas aku di kenal oleh teman-teman sebagai orang bersahabat yang jarang menunjukkan ekspresinya atau terlalu dingin. jawab seadanya
sembari tak melihat wajahnya. yah begitulah . . . . . .
mungkin karena itulah aku gak dapat gebetan. sampai detik ini juga. namun kuhanya berpikir bahwasannya
"nanti juga datang kok klo udah saatnya"

dan tak terasa udah jam 2. siang itu kelas kami harus pulang sore karena dapat Giliran SAS ditambah dengan jam olahraga sore.
hmm....sepertinya bakalan cape banget . . . . . .

setelah semua selesai, tepatnya jam 4. kami satu kelas pulang. beberapa ada yang berbonceng dengan temannya
tanpa menggunakan helm,ada yang jalan kaki,naik taksi,bahkan bersepeda.
akupun pulang dengan sepeda motorku dan segera kupacu dengan kencangnya karena sudah sore.

dan ketika itu pula saat melewati gang kecil menuju rumah, kulihat seseorang dengan wajah yang sudah gak asing lagi bagiku. seperti
pernah melihatnya di suatu tempat. tapi itu hanya berlangsung beberapa detik saja, sampai akhirnya aku tidak melihatnya lagi.
sampailah aku dirumah sambil merasakan penasaran. siapa gerangan orang itu? dan sekali lagi ku ingat, dia adalah cewe yang sempat
muncul di mimpinya tadi malam. namun tidak kelihatan persis seperti apa dianya.

masuk kamar, ganti baju, makan siang yang terlambat, dan PR yang menumpuk. bosan dengan dirumah sendiri gak ada kerjaan, akhirnya
kuputuskan untuk pergi keluar. itung-itung jalan-jalan sore itu menyenangkan dan siapa tahu saja aku bisa melihat sosok dia.
tanpa basa-basi, aku melangkah keluar rumah.

benar saja, dia masih berada di luar gang itu. sepertinya menuggu seseorang, dan masih mengenakan baju sekolah. dan saat kulihat
dengan benar-benar siapa dia sebenarnya, dia melihat ke arahku dan tersenyum. sontak, aku pun hanya bisa menyunggingkan bibirku
karena aku tak bisa senyum. dan saat itulah dia menyapaku
" Lama gak ketemu udah tinggi begini yah ^_^ "
Hah? ya, ekspresi inilah yang muncul di dalam hatiku. sepertinya dia mengenalku tapi dimana?
"kok diam gitu sih? sombong yah?"
"maaf,anda siapa? memangnya kita pernah ketemu dimana?"
"hm.. gak ingat yah? masih ingat waktu kecil kita berdua main di gang ini"
"err......" aku pun menutup mata sejenak sambil mengingat-ingat memori masa kecilku
"ini aku wal.... bener-bener dah lupa yah..." ekspresi wajahnya kelihatan sedih
"aahh..... kamu kan? aduh maaf saya udah lupa nama . . . kamu kan yang tomboi banget itu?!"
"akhirnya ingat juga, ini Nani"

dan pertemuan itu pun terjadi. setelah 10 tahun tak bertemu...........

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com