Tuesday, September 30, 2008

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H




Lihat Kartu Ucapan Lainnya
(KapanLagi.com)


Selamat Idul Fitri 1429 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Friday, September 19, 2008

Puasa Ke-19

Hari ke-19

tepat pada jam 2 pagi, bertemankan sebuah komputer bersama earphone dengan mendengarkan lagu-lagu lama.
dan tak lama setelah menyalakan komputer juhan pun turun dengan riangnya. sembari menunggu waktu sahur.

karena tak ada kerjaan maka aku sambil buku bacaan untuk dibaca tentunya. sebuah buku berjudul "Humor yang Baik dan Jenaka"

buku yang berisi kisa jenaka Abu Nawas.

bertemankan lagu-lagu lama yang kuputar mulai dari peterpan,the click five,nidji,julliete,d'masiv,dan beberapa list BGM game.

saat lagu berpindah ke track list lagu peterpan - kukatakan dengan indah. tiba tiba, lagu yang terdengar di earphone ini
menginatkanku akan sesuatu. sesuatu kenangannya masih membekas hingga sekarang. yup masa-masa SMP yang begitu konyol dan juga
tak ternilai harganya. dan kalau masih bisa menikmatinya bakalan seru sekali. bermain dengan teman sebaya, ngejain temen, atau
bersenda gurau dengan teman-teman lain. atau mungkin ada yang memulai "cinta moyet"-nya di sini (maksudnya jaman SMP)

dan lagu itupun sempat membuat kegiatan membacaku terhenti sejenak. dan yang ada di kepalaku hanya ada keinginan untuk memainkan
lagu itu bersama teman-teman alumni SMP. waduh udah gak kerasa 3 tahun lagu itu terakhir dibawakan >_< oleh temen-temen saat
orang-orang masih suka ma peterpan (dengan format berenam).

lagu berhenti dan track selanjutnya adalah BGM game salah satu the Best Game ever made di konsol PS1. game apalagi kalau bukan
chrono cross. walaupun beberapa orang gak pernah main gamenya tapi saya sarankan mendengarkan BGM track lagu ini yang dijamin
langsung suka. dan yang saya dengan adalah sebuah instrumen gitar (tentu saja ada yang nyanyi) Noriko Mitose - The radical Dreamers

kurang lebih judulnya seperti itu. dan noriko yang bersuara opera (sama kaya gita gutawa) bakal mengingatkan anda pada masa lalu (lagi) atau mungkin
akan ingat pada seseorang yang dirindukan. karena lagu ini sendiri seperti ekspresi seseorang yang menuggu seseorang yand dicintainya.


karena lagu ini udah gak asing lagi, maka aku memutarnya berkali-kali. bahkan saya punya yang versi akustik saja. yang saya
ambil dari youtube dan di download kemudian di convert.

dan kelihatannya hujan diluar sudah reda, dan waktu masih menujjukan pukul 2.15 . akupun masih belum ingin tidur,karena beberapa
jam yang lalu sudah tidur duluan 9habis buka langsung tidur dan bangun waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 ) yah mau bagaimana
lagi habis hari itu (kemarin) asli cape banget banyak kerjaan. bawaannya ngantuk . . . . . .

oh yah kemarin itu pula, saya bersama teman pergi ke sekolahnya dia buat ngelihat latihan marching band. sesuatu yang agak asing
buatku karena marching band itukan musik yang agak gimana gitu. malah membutuhkan stamina yang besar. karena membawa istrumen sambil
konsentrasi dengan note/nada yang dimainkan.

dan pada latihan sore kemarin sepertinya aku gak bisa berbaur dengan anak-anak situ (yah terang aja beda sekolah) tapi untung aja
ada beberapa kenalan disitu juga beberapa orang yang mukanya aku kenal (tapi gak ingat nama). latihan yang berlangsung 2 jam itu
bukan hanya membuat telingaku berdenging bukan main (karena masih suka ngeband jadi bukan masalah karena udah biasa) di barengi dengan
pengalaman instruktur yang mengarahkan para temen-temen situ buat memainakn bagiannnya. kaya snare,trompet,bass,etc . . . .

yah salut degh sama mereka. moga-moga aja bisa menguasainya nanti (pas mw malam takbiran)

uwah . . . . . hari ini mau cerita apa lagi??? mungkin sekian aja ^^

dan akhirnya mataku tertutup bertemankan alunan lagu Nidji - Bila aku jatuh cinta

Sejenak Terdiam

lelahku
diantara semua hal yang kulakukan
hanya kali ini saja yang terberat
entah mengapa aku hanya bisa terpaku
terdiam hanya karena satu kesalahan masa lalu
sejenak
semua telah berlalu begitu cepat
bak angin berhembus
goresan pena ini
seakan ingin berbicara padaku
bahwasannya kesalahanku dulu
adalah suatu kebodohan dan kelalaian
waktu pun seolah meninggalkanku pergi
berputar tanpa henti
searah jarum jam
menunggu untuk mati
menunggu untuk sepi
menunggu untuk sunyi
dan akhirnya kitalah yang akan
di tinggalkan waktu

Dia

sore hari itu, masih teringat jelas dia sering sekali lewat jalan ini. pulang dengan langkah kecilnya, bersama senyum yg ramah
pada semua orang.

namun sekarang sepertinya dia tidak melewati jalan ini. mungkinkah dia sakit? yah semoga saja dia baik-baik saja.

pagi ini aku bangun seperti biasanya. berkutat dengan rutinitas yang gak membosankan, yaitu sekolah. sentah mengapa kali ini
berat sekali kurasakan menginjakkan kaki kesana. apa karena aku kurang tidur semalam? atau mungkin aku yang gak enak badan.
entahlah. kali ini aku paksakan saja diriku untuk masuk sekolah. walaupun ibu sangat cemas padaku tapi dengan senyum,ku hanya
berkata "gak papa kok ma, ini cuma kurang tidur. nanti malam tidurnya agak cepat jadi bangunnya segar". dan akupun pamit pada
mamaku dan segera mengambil kunci motor dan bergegas menuju sekolah.

tidak selang sampai 15 menit, akhirnya sampai juga disekolah. ku parkirkan motorku di atas teras yang letaknya tidak jauh dengan
motor lain. dan sepertinya, teman-teman sekelas belum ada yang datang semuanya. mereka masih nongkrong di tempat parkir mereka
sambil bercerita tentang ini itu. entah kejadian kemarin,atau ocehan teman-teman,atau mungkin Ulangan yang akan di bahas. dan
baru kali ini aku gak bergabung dengan percakapan mereka. hanya ikut nimbrung saja mendengarkan.

waktu pun telah menunjukkan tepat pukul 7 pagi dan teman-teman pun akhirnya pada kumpul. jadi kami pun sama-sama pergi ke kelas
dan masuk pelajaran pertama . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Matematika . . . . . . entah kenapa pelajaran berhitung yang satu ini, yang menurutku merupakan momok menakutkan, berubah menjadi
bersahabat denganku. apa mungkin ini saran dari guru SMP yang bilang "kalau gak mau kesulitan belajar pelajaran apapun, hal pertama
yang harus kamu lakukan adalah kamu harus suka dengan pelajaran tersebut walaupun susah atau berat. karena nanti kalau suka akan
terasa ringan untuk mempelajarinya" dan jam pertama ini kami hanya memdengarkan beberapa penjelasan dan mengerjakan beberapa tugas
Alogaritma,Invers,Bangun Datar dan Ruang.

sudah selesai dan ternyata masih ada jeda waktu sebelum ke pelajaran kedua. yah mungkin sekitar setengah jam (karena cepat sekali
ngerjain tugasnya so gak ada kendala) dipakai temen-temen buat berkeliaran kesana kemari. yang cewe pada ngeggosip ma teman cewe
yang lain atau pergi ke kelas lain mencari temannya yang gak ada kerjaan juga. sedangkan para cowo sibuk dengan urusannya masing
-masing. beberapa ada yang dari tadi pagi Online FS Via mobile, dan hanya ada 2 orang yang kelihatan tidur dengan nyenyak, dan aku
sendiri hanya termenung dengan kebosanan ini. . . . . . . . sama seperti hari biasanya.

Sejarah . . . . . . . . pelajaran dengan guru yang agak asik sehingga memudahkan pemahaman. dan asiknya lagi kami bisa bercanda
ria dengan gurunya. ditambah lagi dengan "medok" khas guru tersebut. jadi klop banget degh suasananya. dan kali ini guru membahas
sedikit tentang sosiologi. dan rumitnya pelajaran ini sempat membuat kami diam bak anak manis yang haus akan ilmu. walaupun ada
sedikit yang teriak untuk mencarikan suasana tersebut (maksudku bercanda).

setelah 2 jam berkutat dengan penjelasan guru, bel berbunyi. dan kami-pun keluar dengan tertibnya. ada yang berlari untuk segera pergi
ke kantin karena kantin selalu penuh pada istirahat paginya, dan sepi pada istirahat siangnya. karena aku belum sarapan tadi pagi,
aku hanya pergi ke kantin untuk beli beberapa camilan penambal perut. dan lagi-lagi ku memikirkan tentang mimpi tadi malam.seakan-
akan menunjukkan sebuah isyarat.

tiba-tiba seorang teman menghampiriku dan segera menyadarkanku dari khayalan tingkat tinggi itu. "Uii ngapain bengong-bengong sambil
makan?? eh beliin gwa Frestea bsok gwa ganti" aku hanya mengiyakan dan menyuruhnya ambil saja di Freezer tersebut. dan dia minum di
depanku beberapa teguk. dan setelah itu langsung di sodorkan padaku beberapa pertanyaan.
"hei, ngapain bengong pagi-pagi gini?? mimpiin cewe yah?? ayo ngaku"
"ah? gpp kok. lagi malas aja nih tiba-tiba aja blank kepalaku"
" ya ella, alasan"
"mau gak aku bayarin? "ancamku
"wah ngancam nih . . . iya-iya degh" dan kelihatannya dia pucat
"makanya diem aja. lagian lagi kosong nih isi kepala . . . . ."
"Wah ekspresinya ampun DJ"

di kelas aku di kenal oleh teman-teman sebagai orang bersahabat yang jarang menunjukkan ekspresinya atau terlalu dingin. jawab seadanya
sembari tak melihat wajahnya. yah begitulah . . . . . .
mungkin karena itulah aku gak dapat gebetan. sampai detik ini juga. namun kuhanya berpikir bahwasannya
"nanti juga datang kok klo udah saatnya"

dan tak terasa udah jam 2. siang itu kelas kami harus pulang sore karena dapat Giliran SAS ditambah dengan jam olahraga sore.
hmm....sepertinya bakalan cape banget . . . . . .

setelah semua selesai, tepatnya jam 4. kami satu kelas pulang. beberapa ada yang berbonceng dengan temannya
tanpa menggunakan helm,ada yang jalan kaki,naik taksi,bahkan bersepeda.
akupun pulang dengan sepeda motorku dan segera kupacu dengan kencangnya karena sudah sore.

dan ketika itu pula saat melewati gang kecil menuju rumah, kulihat seseorang dengan wajah yang sudah gak asing lagi bagiku. seperti
pernah melihatnya di suatu tempat. tapi itu hanya berlangsung beberapa detik saja, sampai akhirnya aku tidak melihatnya lagi.
sampailah aku dirumah sambil merasakan penasaran. siapa gerangan orang itu? dan sekali lagi ku ingat, dia adalah cewe yang sempat
muncul di mimpinya tadi malam. namun tidak kelihatan persis seperti apa dianya.

masuk kamar, ganti baju, makan siang yang terlambat, dan PR yang menumpuk. bosan dengan dirumah sendiri gak ada kerjaan, akhirnya
kuputuskan untuk pergi keluar. itung-itung jalan-jalan sore itu menyenangkan dan siapa tahu saja aku bisa melihat sosok dia.
tanpa basa-basi, aku melangkah keluar rumah.

benar saja, dia masih berada di luar gang itu. sepertinya menuggu seseorang, dan masih mengenakan baju sekolah. dan saat kulihat
dengan benar-benar siapa dia sebenarnya, dia melihat ke arahku dan tersenyum. sontak, aku pun hanya bisa menyunggingkan bibirku
karena aku tak bisa senyum. dan saat itulah dia menyapaku
" Lama gak ketemu udah tinggi begini yah ^_^ "
Hah? ya, ekspresi inilah yang muncul di dalam hatiku. sepertinya dia mengenalku tapi dimana?
"kok diam gitu sih? sombong yah?"
"maaf,anda siapa? memangnya kita pernah ketemu dimana?"
"hm.. gak ingat yah? masih ingat waktu kecil kita berdua main di gang ini"
"err......" aku pun menutup mata sejenak sambil mengingat-ingat memori masa kecilku
"ini aku wal.... bener-bener dah lupa yah..." ekspresi wajahnya kelihatan sedih
"aahh..... kamu kan? aduh maaf saya udah lupa nama . . . kamu kan yang tomboi banget itu?!"
"akhirnya ingat juga, ini Nani"

dan pertemuan itu pun terjadi. setelah 10 tahun tak bertemu...........

Sunday, September 14, 2008

Happy Birthday To You (untukmu)

Menulis itu . . . . . . .


Free Music

Free Music







tak terasa setahun sudah berlalu
banyak sekali kejadian yang berlalu di hidupmu
entah itu suka,duka
Senang,sedih, dan lain-lain
dan di hari ini pula
kamu dapat menginjak kehidupan baru
dan beranjak dewasa
semoga dengan bertambahnya umur
dan berkurangnya waktu hidup didunia ini
dapat kamu gunakan sebaik mungkin

mungkin itu aja yah ^^

Akhir kata SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-14 buat yang punya nick ViViaNxHerophii:3




Ini Kuenya :p




Note: gk tahu mw bilang apa lagi :p



Maaf jika aku gak bisa ngucapinnya lewat telpon karena nomormu yang sekarang aku gak tahu (enak bener ngomongnya) tapi saya udah usaha. dan bener-bener jadi orang bodoh pas tengah malam karena gak bisa ngucapin "Selamat Ulang Tahun" ke Dia.

jadi pas subuhnya saya ngerencanain buat ucapan selamat ulang tahun di blog Ini.

Sunday, September 07, 2008

pengunjung ke -1000

Menulis itu . . . . . . .

Akhirnya . . . .. sampe juga pengunjung ke 1000 . . . .. ..

makasih buat semua yang udah berkunjung ke blog ini dari penjuru dunia....

dan saya akan berusaha untuk memperbaiki kualitas blog saya.

sekali lagi terima kasih ^^

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . .

buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja).

dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja).

mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???)

dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^)



silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

Nyaris saja motor hilang

Menulis itu . . . . . . .

huaa..... bener-bener dah. hampir aja motor kakaku hilang. maksud hati ingin parkir gratisan tapi malah ilang. untung tadi nanya ma tukang ojek sekitar. dan ternyata parkirnya di dalam Hall parkir Mall (soalnya gwa ke mall dari pada ribet bayar tiket parkir)

nahas. . . . . . . makasih om ojek. kirain ilang beneran. hampir aja lapor polisi loh T_T

Saturday, September 06, 2008

Tips bermain GTA:San Andreas

Menulis itu . . . . . . .

Hmm saya mau bagi-bagi tips buat kalian semua. dan untuk kali ini saya akan membahas tentang game GTA:San Andreas.

ok sekarang baca dan catat apa yang saya tulis ~_~. (disarankan bagi para cheaters tidak mengikuti tips ini karena udah ada di cheat itu sendiri)

1. pada saat kita baru bermain dalam game, jika butuh senjata silahkan cari di bawah jembatan tempat kamu start nanti (save game awal kamu, di belakang rumahnya Sweet) dan senjata yg ada disana adalah Tec9
2. bagi kalian yang butuh uang untuk makan,beli senjata,armor,dan lain-lain. bunuh saja seorang tukang "crack". penampilannya mengenakan kutang hitam,celana training kuning. dan biasanya drop uangnya tidak lebih dari $600.
3. senjata yang harus kamu masukkan dalam inventori kamu (wajib). Pistol polisi*,SnawOff Shotgun*,Tec9*,M16,Sniper Riffle,Hand Granade,Knife.

Ket *: senjata tersebut jika mencapai level Hitman (Keterampilan menggunakan senjata penuh dari masing2 senjata yg kalian gunakan) bisa digunakan lebih dari satu. jadi artinya kamu dapat menggunakan 2 secara bersamaan.

3. Dalam kondisi apapun, terutama dalam pertarungan tembak menembak, jika dekat gunakan senjata kategori Machine Gun (Tec9,Uzi,etc) dan biasakan untuk merunduk. begitu juga jika musuh dalam jarak jauh (long RAnge) gunakan senjata kategori Riffle (Sniper,m16,etc) dan tetap merunduk untuk menambah akurasi Shot.

4. Kamu bisa menambah kapasitas Health Bar (warna merah) dengan sering-sering ke Gym (treadmill untuk melatih stamina)atau cara cepatnya dengan memainkan misi Hospital (menggunakan mobil Ambulance)

Note: jika ingin memainkan misi Ambulance disarankan untuk berada di lokasi terpencil agar kalau kita ngangkut korban gak jauh-jauh.

5. untuk menambah kapasitas Armor Bar (warna putih) mainkan misi Vigilante.
6. saat kamu berhasil menyelesaikan misi yang memperebutkan wilayah teritory (yg artinya perang Geng) usahakan merekrut anggota geng kamu sering-sering dan untuk dapat menambah anggota geng kamu saat penyerangan reputasi bar kamu harus tinggi sehingga kmu dapat merekrut anggota maksimal 8 orang (dan kamu jadi 9 orang)
7. nah teritory yang kamu kuasai tadi dapat menghasilkan uang yang dapat kamu ambil di rumahmu (dekat rumahnya Sweet) dan gunakan uangnya untuk membeli properti.


Mungkin itu aja tipsnya. jika ada yang lain silahkan komentar di bawah

Kegiatan Hari ini (Ramadan Journal 1 week)

Menulis itu . . . . . . .

Huuaaaahhh...... udah seminggu sejak puasa. gk kerasa yah. . . . . .

dan sayangnya temenku ada yg berangkat ke KL (jadi gk ada teman ngoceh dan bercerita).

trus kegiatan ku sampai saat ini masih silahturahmi ke rumah temen-temen yang aku kenal dan perbaikin komputer di kamar (mw dipake kakakku soalnya buat ngurus skripsi)

dan sisanya yah biarkan hidup itu berjalan.

target seminggu berikutnya kepengen main game Wild Arms4 (ngabuburit) sama kumpul duid, end ngucapin slamat ulang tahun ke seseorang.

Friday, September 05, 2008

Manfaat Puasa

Menulis itu . . . . . . .

"Tidaklah Allah Memberikan kepada kita suatu aturan atau perintah atau larangan kecuali ada hikmah di dalamnya. Hanya saja kadang Allah memang tidak membukakan hikmah tersebut kepada kita"

begitulah firman Allah kepada hamba-hambanya bahwasannya banyak sekali manfaat dari apa yang kita jalankan selama menaati perintah Allah SWT.

dan salah satunya yang akan saya bahas adalah manfaat puasa. jadi kita puasa itu mengandung berkah.

Berikut Hikmah puasaRamadhan terutama yang berhubugan dengan kesehatan:

Peremajaan Sel-Sel Tubuh
Peremajaan sel-sel tubuh bermanfaat untuk meningkatkan kekebalandan kesehatan tubuh serta kulit kita.Oleh karena itu, orang yang sering berpuasa kulitnya akan terlihat segar, sehat, lembut, dan berseri karena proses peremajaan sel dalam tubuhnya berlajan dengan baik. (silahkan buktikan setelah Ramadhan selesai xD )

Perlindungan Dari Resiko Diabetes
Pada waktu puasa, terjadi pengurangan sirkulasi hormon insulin dan kadar gula darah.Pengontrolan gula darah yangbaik akan mencegah penyakit diabetes tipe 2, yang disebabkan tidak sensitifnya lagi hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

Reses Sistem Pencernaan
Diwaktu puasa lambung dan sistem pencernaan lainnya akan beristirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama kurang lebih satu bulan. dan dengan jangka waktu yang lama ini, akan mengurangi beban kerja lambungyang senantiasa bekerja pada waktu sebelum puasa. Sehingga ini membuat Lambung kita tetap berfungsi dengan baik. (sistem pencernaanitu butuh juga istirahat)

Pengurangan Berat Badan berlebih
Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan. secara ilmiah, rasa lapar tidak disebabkan karena perut kosong (karena tidak pernah diisi makanan) rapi juga dipengaruhi oleh penurunan kadar gula dalam darah.
Berkurangnya masukan energi pada orang berpuasa, membuat tubuh harus mencari sumber energiyang tersimpan di dalamnya, dan seperti yang anda duga yaitu lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. jadi setelah puasa sebulan penuh berat badan kita berkurang sekitar 4Kg.

Perbaikan Penyerapan Gizi
Puasa juga bnermanfaatuntuk memperbaiki prosespenyerapan dan pembentukan tenaga. Hal tersebut disebabkan racun-racun yang ada pada sel-sel dan jaringan tubuh telah dibersihkan, sehingga organ tubuh menjadi lebih bersih dan zat gizi yang masuk dalam tubuh lebih mudah diserap. Berpuasa dapat membantu meningkatkan penyerapan gizidari makanan yang dikonsumsi karena dalam saluran pencernaan, sebelum makanan diserap harus mengalami proses perubahan terlebih dahulu dari bentuk padatmenjadi komponen-komponen yang lebih halus. Dengan diistirahatkannya saluranpencernaan tersebut akan menjadi lebih baik dalam memproses dan menyerap makanan yang dikonsomsi, sehingga akan lebih bertenaga,sehat dan kuat.




dan masih banyak lagi manfaat puasa yang belum terjamah oleh kita. betapa besarnikmat Allah SWT

Koreksi Amalan Ramadhan & Hari Raya

Menulis itu . . . . . . .

hmmm saya menulis post ini waktu gak sengaja nemuin majalah setahun yang lalu yang ku beli dari seorang kakak kelas (yang nyatanya sampe sekarang aku belum bayar. maaf yah tapi kayanya dia ikhlas tuh) edisi ramadhan kebetulan. nah sesuai judulnya, di singgung masalah tindakan yang benar atau salah yang biasa di lalukan sebagian masyarakat kita.

Tindakan yang salah yang biasa di lakukan sebagian masyarakat

1. Menganggap budaya Padusan (mandi sehari sebelum hari puasa) sebagai syarat sahnya puasa seseorang)

Ket: Menyelisihi tuntunan Rasulullah SAW, karena Nabi tidak pernah melakukannya.

2. Berpuasa sehari atau dua hari sebelum Ramadhan

Ket: Adanya Larangan Nabi dalam hal ini. Beliau bersabda, "Janganlah kalian mendahului bulan Ramadhan dengan berpuasa sehari atau dua hari sebelumnya." (Riwayat Abu Daud)
Seharusnya: Tidak puasa sunnah sebelum Ramadhan, kecuali bagi mereka yang biasa melakukannya.

3.Melafadzkan niat puasa

Ket: Melafadzkan niat dalam puasa tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan menyelisihi petunjuk beliau.
Seharusnya: Tidak melafalkan/mengeraskan niat dalam berpuasa (dalam hati)

4. Meninggalkan atau mengawalkan waktu dalam melakukan sahur dan menganggap hal itu lebih utama.

Ket: Nabi SAW telah memberikan tuntutan kepada kita tentang pelaksanaan sahur bahkan beliau sangat menganjurkan kepada umatnya untuk melakukannya,"Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahuritu terdapat berkah." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim). Tentang waktu pelaksanaannya, beliau bersabda, "Umatku akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan mempercepat buka puasa." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)
Seharusnya: Melakukan Sahur dan mengakhirkan waktu pelaksanaanya (dianjurkan)

5. Berbuka puasa setelah melakukan shalat maghrib.

Ket: Nabi bersabda,"Manusia akan senantiasa dalamkebaikan selama mereka mempercepat buka puasa." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)
Seharusnya: Menyegerakan waktu berbuka Puasa.

6. Menyengaja tidak berniat berpuasa/berniat setelah terbit fajar.

Ket: Rasulullah SAW mengatakan: "Barang siapayang tidak berniat puasasebelum fajar maka tidak ada puasa baginya." (Riwayat An-Nasai)
Seharusnya: Melakukan niat semenjak malam hari/sebelum terbit fajar.

7. Puasa namum meniggalkan shalat fardhu.

Ket: Shalat merupakan ibadah yang menjadi barumeter baik dan jeleknya seseorang. Bagikita yang melakukan ibada puasa, tentunya lebih tidak pantas apabila meninggalkannya.
Seharusnya: Berpuasa dan tidak melalaikan Shalat fardhu.

8. Cuek, tidak perduli,tidak berusaha dan tidak melakukan amal shalih didalammnya (di bulan Ramadhan).

Ket: Rasulullah SAW bersabda: "Carilah Lailatul Qadar itu pada 10 hari terakhir dibulan Ramadhan." (Riwayat Al-bukhari dan Muslim)
Seharusnya: Meningkatkan peribadahan di sepuluh hari terakhir untuk mencari Lailatul Qadar

9. Menyibukkan diri dengan urusan dunia dan persiapan Hari Raya.

Ket: I'tikaf merupakan ibadah yang disunnahkan setiap saat, namun ditekankan pada nulan Ramadhan terutama sepuluh hari terakhir (untuk mencari Lailatul Qadar). Aisya menyatakan, "Bahwasannya Rasulullah beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkannya."(Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)
Seharusnya: Melakukan I'tikaf disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

10. Tetap berpuasa di Hari Raya.

Ket: Anas BinMalik berkata,"Rasulullah tidak berangkat shalat pada hari ied, hingga beliau makan beberapabuah kurma." (Riwayat Al-Bukhari 953)
Seharusnya: Disunnahkan untuk makan sebelum berangkat Shalat ied.Disunnahkandengan Kurma.

News on Indonesiantunes.com