Sunday, August 24, 2008

VPN (Virtual Private Network)

Menulis itu . . . . . . .

Tadi pagi, saya nonton E-lifestyle di Metro TV (tontonan wajib) yang topik minggu ini adalah tentang Implementasi VPN di indonesia sekaligus pengenalan VPN itu sendiri. nah sebelum mengetahui lebih lanjut apa itu VPN ada baiknya kita lihat dulu seperti apa yg namanya "VPN"




VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat "private" dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet. VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point. Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan.

Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut "tunneling".

Anda dapat mengakses server kantor melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan "dedicated," padahal tidak demikian kenyataannya.

Kriteria yang harus dipenuhi VPN:

1. User Authentication
VPN harus mampu mengklarifikasi identitas klien serta membatasi hak akses user sesuai dengan otoritasnya. VPN juga dituntut mampu memantau aktifitas klien tentang masalah waktu, kapan, di mana dan berapa lama seorang klien mengakses jaringan serta jenis resource yang diaksesnya.

2. Address Management
VPN harus dapat mencantumkan addres klien pada intranet dan memastikan alamat/address tersebut tetap rahasia.

3. Data Encryption
Data yang melewati jaringan harus dibuat agar tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak atau klien yang tidak berwenang.

4. Key Management
VPN harus mampu membuat dan memperbarui encryption key untuk server dan klien.

5. Multiprotocol Support
VPN harus mampu menangani berbagai macam protokol dalam jaringan publik seperti IP, IPX dan sebagainya.

Sumber Referensi :
Aris Wendy, Ahmad SS Ramadhana, 2005. Membangun VPN Linux Secara Cepat, Andi Yogyakarta.




Inti dari penggunaan VPN itu sendiri adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses fitur-fitur jaringan seperi Internet,Komunikasi Komputer (Remote),dan lain-lain yang bersifat Private/Pribadi sehingga tidak bisa di akses oleh pihak luar.

dan unsut Provider yang menyediakan VPN itu sendiri (yang saya tahu atau mungkin satu satunya)adalah dari Indosat dengan produknya "IndosatM2" dengan fitur layanan Pascabayar. Keunggulan menggunakan VPN itu sendiri adalah kita tak perlu repot-repot mencari hotspot atau telpon kabel atau kabel jaringan. jadi tinggal colok ke Alat Broadband, setting, Connect dan siap digunakan. dan Layanan PVN ini rata-rata ditujukan untuk orang yg mempunyai banyak kesibukan. entah itu orang kantoran,Pejabat (klo ini gak tahu), yang memang gak bisa pake di rumah berlama-lama, dan lain-lain. Bisa di akses dimana saja karena broadband jaringan yang digunakan ada 4 yaitu via satelit( kecepatan sampai 512kbps ),broadband 3G ( kecepatan hingga 3,6 Mbps dengan menggunakan High Speed Data Modem/HSDM), dan VPN Dial (menggunakan Jaringan secara Dial-Up).

untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Website tersebut. dan ini merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia Teknologi dan IT Lifestyle Digital
HIDUP TEKNOLOGI!!!

1 comment:

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com