Monday, August 04, 2008

GTA yg kontroversial

Menulis itu adalah menorekan Kisah kita ..... di Atas Kertas dan Blog

GTA (Grand Theft Auto) dari judulnya kita udah tahu kalau game ini punya Tema kriminalitas dengan subjeknya yaitu mencuri mobil atau kendaraan sebagai fitur utama dalam game ini. pertama kali game ini dirilis di di Console Play Station dengan interface yg jauh beda dari yg sekarang (kan udah jelas beda console) dan game ini dirilis sampai sekuel kedua (di rilis tahun 1999 sedangkan GTA 1 pada tahun 1997/1998)


GTA 1 dan 2



interfacenya dengan view dari atas ini menurut saya agak pusing waktu memainkannya. tapi y gmembuat game ini disorot adalah aksi kejar-kejaran polisi dan mengambil mobil sambil menembaki mereka, walaupun dari dasar ceritanya menurutku agak gak jelas.


Dan pada bulan October 2001 (saat Console PS2 udah keluar) Dirilislah sekuel dari GTA yg di porting dari Playstation ke PS2. dan terjadi banyak sekali perubahan atau Rombakan dari pihak Rockstars sendiri. mulai dari mengubah tipe game dari sudut pandang atas menjadi orang ke-tiga (Third Person View), Kota yang luas dan terlihat realistis, Aneka senjata dan Gadget, dan dari sisi cerita juga membuat game ini jadi game wajib pada tahun tersebut dan tentunya game ini berhasil menaikkan ratingnya dan otomatis laba yg didapatkan dari Rockstar naik drastis.

Sukses dari seri GTA 3, pihak Rockstars belum puas sepertinya dan merilis versi independennya (yang tidak berhubungan dengan sekuel sebelumnya atau ceritanya berdiri sendiri) yaitu GTA:Vice City pada tahun 2002. setting cerita di ambil pada tahun 1986 dan bertempatkan di Vice City (kota aslinya adalah Miami). Di game ini Pihak Rockstars menambah beberapa fitur yaitu bisa menerbangkan pesawat dan naik Kapal.

2 Tahun kemudian dirilis lagi pada bulan october 2004 Versi GTA yg boleh saya bilang sangat interaktif, Revolusioner,Engine dan Cerita yg bagus,Sistem yg baru seakan-akan kita memainkan game GTA yg baru. YUP GTA:San Andreas. Game fenomenal ini menghadirkan Interface yg keren di tambah dengan Cerita yg agak gimana gitu, yaitu tentang Keluarga, Penghiatan, Persahabatan, dan Juga Drugs tentunya. Mengambil Setting pada musim Panas tahun 1992 di California. Dan game ini juga tambah menarik dengan membuat MAP yang sangat Luas, Minigame yg banyak, dan tentunya Kendaraan yg Ok abies.


Map Di GTA: San Andreas




Dan selang setelah merilis GTA San Andreas, pihak Rockstar membuat sekuel dari GTA 3 yang di buat sebelumnya untuk konsol next-gen (PS3 Dan XboX 360). tepatnya tanggal 29 April 2008 akhirnya Proyek itu kelar dan di beri judul GTA IV yang mengisahkan Niko Bellic yang bekas Veteran Perang di panggil oleh Sepupunya Roman untuk datang ke tempatnya dia tinggal. tepatnya Liberty City (latar yang sama dengan GTA 3) namun kali ini Liberty City agak berbeda karena terlihat modern dan tentu saja selang tahunya juga.

kembali ke Plot cerita. nah karena di iming-imingi oleh Kekayaan, punya mobil dan Rumah mewah. Otomatis dia pun datang ke Liberty City tanpa mengenal siapapun. nah disinilah Petualangan Niko Bellic dimulai . sampai-sampai dia harus berurusan dengan polisi yang keturunan Mafia . . . . dan masih banyak lagi cerita yang bertemakan kejatahan dan lain sebagainya.


Dan dibalik itu semua, karena kurang pengawasann soal Rating game ini (dulunya pada saat jaman GTA San Andreas dan GTA 3 ) banyak sekali kasus kriminal di luar negeri sana dan para pelaku bilang bahwa mereka terinspirasi Oleh game GTA sendiri. dan tentu saja ini menambah kesan buruk terhadap orang tua tentang dampak buruk Game itu sendiri (mungkin sampe Level HARDCORE GAMING) yang berakibat Autis game (istilah saya ini ). pihak Rockstars sendiri sempat di di Demo dan disuruh untuk memberhentikan game GTA tersebut. namun pihak Rockstars memberi jalan lain dengan menaikkan Rating menjadi M (Mature artinya di atas 13+ dan mengandung unsur Kekerasan dan bahasa yg kasar)

tapi dibalik itu semua Game ini patut diacungi jempol karena tipe permainannya yang Open World. jadi mw ngapain aja terserah gamer sendiri. Ikut Misi atau Storyline atau sekedar buat RIOT (rusuh) ya itu kembali ke diri gamer sendiri.

dan saya juga sebagai gamer menyukain game ini karena seru digabung dengan aksi kejar-kejaran dan lain sebagainya (tapi gak sampai menirunya).

Note: pesan saya jangan bermain game secara berlebihan karena yg berlebihan itu tidak sehat dan dapat terobssesi untuk melakukannya so JANGAN DITIRU!!!

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com