Skip to main content

Fenomena Friendster

Menulis itu . . . . . . .

Kali ini saya ingin menulis sesuatu yang mungkin bakal membuat gusar para pemilik Friendster yg levelnya udah Friendster-holic, dan sesuatu yang telah menjadi fenomena di semua kalangan (anak muda khususnya) tentang Friendster.

Seperti yang kita tahu, Friendster merupakan salah satu situs komunitas terbesar di Dunia. dan member yang terbanyak berasal dari benua asia (include Indonesia) pada awalnya fungsi Friendster itu hanya sebagai situs yg memuat profile kita dan untuk mencari kenalan di dunia maya tentunya.

Namun seiring berjalannya waktu dengan peningkatan di situs friendster, (contoh dibuadnya FS Versi Mobile sehingga bisa OL lewat HP) kemudian terintegrasi dengan flicker,dan masih banyak lagi tambahan Add-on laiinya.

yang saya ingin bahas adalah FS yang berubah fungsi. mulai dari Foto, Comment, Profile, dan tentu saja ajang "Narsis" .


Fungsi FS

FS yang tadinya hanya untuk mencari teman dan ajang untuk bertemu dengan teman-teman alumni SD,SMP,SMA,atau universitas kini berubah menjadi ajang untuk untuk "Kebolehan" maksudnya adalah ada beberapa fs teman saya yang cuma nonjol di profile dengan isi yang nyeleneh dan tentunya dengan Widget yang amad sangat berat, di sertai gambar sang idola (mohon yang merasa jangan marah karena ini cuma opini saya). dan fungsi FS kini menjadi media untuk mengetahui keadaan atau mengirim informasi terkini alias berubah fungsi menjadi kirim "SMS" dalam hal ini menggunakan media comment (ok hal ini akan saya bahas di bagian berikutnya). dan ada yang pernah bilang (dan saya juga secara tak sengaja bilang >_> atau memang sudah membudaya) bahwasannya tak punya FS=Gaptek (gagap teknologi) yah mungkin asumsi anak muda sekarang itu hal yang wajib punya. . . . . .. . . . . dan sisanya kembali ke opini kita masing-masing.

Comment FS
Comment FS atau di Webnya ditulis "Testimonial" (Artinya pengghargaan) berubah fungsi yang tadinya berisi komentar tentang pemilik Fs itu sendiri dari yang mengunjungi Fs menjadi CHATBOX (sungguh gak ada kerjaan). dan kata teman saya, populer atau gaknya FS orang itu dilihat dari banyaknya Comment Dan Testi yang dia Terima ( ngabisin Quota buad ngetesti dan comment doank. . . . . . . . sungguh buang waktu). seperti yang saya bilang Comment yang berubah fungsi menjadi CHATBOX di FS dikarenakan isi testi yang seakan-akan cuma nanya hal yang gak penting. Example:
"Hai makasih yah Add FSkuw"
(ini sih klo yang nge-add kita, klo kita yg approve lain lagi ceritanya)
"Hei XXXXX bsok ada pelajaran apa???? oh yah nanti aku balas testinya nih mw Op"
(hari gini ngisi testi yang gituan dan mw bilang opp aja di FS?? ngabisiin Quota internet aja >_> lagian masih bisa pake SMS kan??? jadi apa gunanya Hp?)

dan masih banyak lagi Comment yang senada dengan yang diatas. dan tragisnya lagi Comment ini Up2date dalam hitungan menit saja. kaya pesan sms (kalau memang kebetulan sang empunya FS sedang OL)

Oh yah satu lagi, mungkin pihak keamanan FS belum memperkuad pertahanan mereka di bagian SPAMING COMMENT.

SPAMMING COMMENT disini adalah comment yang berisi hal-hal yang gak penting dan sangat mengganggu sehingga membuat yang melihat FS dan juga sang pemilik FS jengkel atau kesal. Sebagai contoh beberapa bulan yang lalu saya menerima Comment dari seorang yang tak saya kenal. kemudian saya cek di Pending comment dan isinya WEW . testi dengan gambar P**N (ayo itu disensor, sisanya artikan sendiri nanti terjerat undang-undang ITE) dan tentu saja nama yg punya FS itu di Profilenya sama Foto udah kena Hack dan diganti dengan gambar yang "Tak layak Lihat" kecuali yang maniak >_>. so hati-hati kalian bagi yang menerima comment FS dari orang yang tak dikenal.

Foto FS
Foto FS. . . . . . .Hmmmmm saya mw komentar apa yah??? oh yah tentang "Narsis" seperti yang saya singgung di atas. Foto FS sekarang (yang dulunya hanya di perbolehkan 10 buah) berubah menjadi Album Foto Online yang dipamerkan ke siapa saja yang maw lihat koleksi fotonya (sebenarnya sih sah-sah saja klo fotonya itu foto gokil dia, atau foto bareng temen, dan yang laiinya) tapi sayangnya Album foto itu jadi Album "Narsis" yang memuat foto dia dengan gaya yang sama tapi bajunya yang beda, dan sudut yang berbeda pula >_> (apa gunanya kamera HP dan kamera digital) dan gaya-gaya foto yang aneh seperti nonjolin mulut (biar dibilang chubby), pipi tembem (pipinya di tiup biar kaya bunder seperti pipi anak bayi yang bulad), foto refleksi (foto depan kaca), Foto-Genic (yang ini udah tahu klo ketemu kamera kaya model >_> ), Foto bareng sang Pacar (pasti udah tahu alasannya) dan lain-sebagainya. Klo untuk Foto kartun sih gak apa-apa. selama tidak menggangu stabilitas Web FS dan selama kamu masih dikenali oleh orang lain.

Profile FS
hmm Profile FS ini saya cuma bisa komentar gini "Rata-rata isi profile nya ada yang nyeleneh dan mungkin inspiratif,atau mungkin terlalu jujur (tergantung yang ngelihat FS itu sendiri gimana komentarnya) kemudian berubah menjadi Profile "Narsis" yang emang bener-bener nunjukin "Ini GWE!!!" dengan ini profile yang panjang lebar, dengan Glitter teks yang panjang dan cape buat ngeload FS, kemudian gambar-gambar sang idola, dan lain-lain. kalau bagian ini sih sah-sah saja toh saya juga kadang ngakak baca profile mereka.

Layout FS
Apa yang ada di benak Anak muda klo di tanya "Layout FSmu apa???" 99,99% pasti menjawab dengan serentak "EMO. . . . .HIDUP EMO". Emo apanya emang kamu sendiri ngerti jalan hidup emo kaya apa??? katanya emo itu keren lah, soalnya rada-rada gelap dan Gaul (yah terserah lah dari pada jadi anak Punk yang gak karuan tapi gak mengganggu keadaan sekitar)kemudian Layout kedua yang paling orang pasang adalah "Foto dia Sendiri" membuat FS itu menjadi tambah "Narsis".


Ket: Narsis adalah Sindrom yang membuat seseorang cenderung menunjukkan dirinya secara berlebihan. atau menunjukkan siapa dirinya dengan cara yang menonjol atau yang mungkin menjurus ke pengertian itu (ini menurut saya loh)

bener-bener dah FS, FS

oh yah ada satu lagi. Karena FS sekarang udah support HP dengan layanan WAP maka para Friendster-Holic bisa OL 24 Jam (kalau dia mau) belum lagi pake Provider GPRS yang murah dan cepat (klo di indonesia paling murah masih dari Indosat) nah jadi gak perlu khawatir dengan pulsa mereka selama Quotanya gak terlalu banyak.

sungguh sangat membuang waktu.

Comments

  1. heheh...bener juga ya..
    saya juga kayanya udah termasuk "friendster-holic" tp gak segitu narsisnya sih heheh (gak ngakuu)
    makasih banyak infonya.

    mau kirim comment panjang2, takut nanti dibilang comment jd ajang chatbox :(

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Tp gara2 friendster pula aku mulai kenal apa yg namanya nge blog,hehehehe...

    Kalo bagiku sich Fs itu smacam langkah awal karna bs saja dari situ mereka mulai mengenal internet, memang sich mungkin pd awalnya hanya skedar say hello,atau apalah yg mungkin ga penting,tp dr situ pula awal sbuah proses blajar,misal mereka hrus ngerti gimana caranya buat ngedit tampilan fs mereka.

    friendster-holic??? dulu sich iya,tp skarang kayaknya udah enggak, udah jarang masuk ksana, paling sesekali doang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

Popular posts from this blog

Acara Peresmian Gedung

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Kemarin, Tepatnya Kamis. Aku terbangun dan melihat jam sudah pukul 8 pagi. Maka aklu bergegas bangung dan SMS Basri. (soalnya minta antar ke Sekolah Gratisan :p ) tapi g dibalas juga. So, aku langsung mandi dan nyiapin baju Putih abu-abu kebanggaanku (dah lama gak pake baju Sekolah selama hampir 3 bulan PSG T_T . Habis entu aku nelpon HPnya BAsri lagi tapi gak di angkat-angkat. Kesal karena udah di Telp. berkali-kali gak diangkat, langsung ijin ma orang di rumah buat langsung di Sekolah sekalian minta uang Taksi ( g bawa sepeda soalnya hari itu hujan deras BGT). Tiba-tiba HPku bunyi dan ada SMS dari Agung buat ngajak latihan dulu. Sayangnya aku udah terlanjur naik taksi :p dan sampai ke sekolah. WOW ternyata baru jam setengah 9 udah rameh BGT dan berkumpulah siswa-siswi dari segala sekolah tehnik di Tarakan. Mulai dari SMK 1, SMK 2 , SMK 3 , SMK Nusantara , SMK Maritim , SMK Paguntaka. Dengan Standnya masin

Dynasty Warrior 6 Special (PS2)

Menulis itu . . . . . . . buat para pemegang konsol PS2 jangan berkecil hati bahwasannya tidak bisa memainkan gam e Dynasty Warrior 6 yang dibuat untuk konsol Next-gen. Dan kabar baiknya adalah game DW6 spesial ini bakalan dirilis bulan september (hanya beda judul saja). dan di Sekuel kali ini, menghadirkan 40 Playable Character dengan menambahkan Update senjata dan juga Musou mode untuk karakter Cao Pi, Ling Tong and Ma Chao. (sayang sekali hanya 3 karakter saja). mungkin alasannya karena kurangnya kapasitas dan konsol itu sendiri (udah jelas kan???) dan dari pada itu pula ini mungkin menghilangkan sedikit kekecewaan yang sebelumnya bagi para penggemar Dynasty Warrior khususnya konsol PS2. jadi jangan berkecil hati dan tunggu rilisnya september nanti (musti bli juga nih ^^) silahkan lihat trailernya yang saya ambil dari Youtube.

Teman Dan Sahabat

Use Your Mind, Close Your Eye, and Write It with Your Heart................... Ada satu perbedaan antara menjadi seorang kenalan dan menjadi seorang sahabat. Pertama, seorang kenalan adalah seorang yang namanya kau ketahui, yang kau lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kau miliki persamaan, dan yang disekitarnya kau merasa nyaman. Ia adalah orang yang dapat kau undang ke rumahmu dan dengannya kau berbagi. Namun mereka adalah orang yang dengannya tidak akan kau bagi hidupmu, yang tindakan-tindakannya kadang-kadang tidak kau mengerti karena kau tidak cukup tahu tentang mereka. Sebaliknya, seorang sahabat adalah seseorang yang kau cintai.. Bukan karena kau jatuh cinta padanya, namun kau peduli akan orang itu, dan kau memikirkannya ketika mereka tidak ada. Sahabat-sahabat adalah orang dimana kau diingatkan ketika kau melihat sesuatu yang mungkin mereka sukai, dan kau tahu itu karena kau mengenal mereka dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang fotonya kau miliki dan wajahnya selalu