Friday, June 13, 2008

Romance Of Three Kingdom

Menulis itu adalah menorekan Kisah kita ..... di Atas Kertas dan Blog

Romance of Three Kingdom adalah suatu Novel Semi Sejarah yang bercerita tentang Zaman tiga kerajaan di China. Novel ini dimulai dari masa-masa akhir Dynasty Han sampai dengan ke masa-masa awal Dynasty Jin dimana akhirnya semua tiga kerajaan runtuh.


Cerita ini dimulai dari Zhang Jiao menerima buku “Essential Arts of Peace”, dengan buku itu ia pun bisa memanggil Angin dan memerintahkan Hujan. Dengan kemampuannya itu, ia berhasil membuat banyak pengikut, dan akhirnya ia memutuskan untuk mengadakan pemberontakan terhadap Dynasty Han yang pemerintahannya sudah sangat parah karena Korupsi sudah merajalela akibat Kaisarnya hanya mendengarkan Kasim. Kelompok pemberontak ini dikenal dengan nama The Yellow Turban.

Dari sini muncul banyak pahlawan, di antaranya adalah Liu Bei, seorang penjual sendal yang juga memiliki darah Liu Bang (pembentuk dynasty Han) dan di beberapa Versi yang saya baca dia mempunyai darah seorang bangsawan. Liu Bei bersama ke dua sodara Angkatnya Guan Yu dan Zhang Fei bergabung dengan Liu Yan seorang imperial Protector yang mengumpulkan kekuatan untuk melawan Yellow Turban.

Pahwalan Yang muncul lainnya adalah Cao Cao, Sun Jian, Yuan Shao, Dong Zhuo dan lainnya. Tidak butuh waktu lama akhirnya pemberontakan dapat di taklukan. Tetapi pemberontakan ini sebenarnya hanyalah awal dari kehancuran Dynasty HAN. Dari sini, muncul banyak kekuatan baru. Kaisar Han-pun di perebutkan oleh para Pahlawan tadi untuk dilindungi dan di jadikan Kaisar Boneka.

Kaisar Han di kuasai secara bergantian, mulai dari He Jin, Dong Zhuo, Li Jue, Cao Cao dan terakhir Cao Pi. Perperangan terjadi di mana-mana, Hingga akhirnya hanya tersisa tiga kekuatan besar yaitu Liu Bei (Atau Dinasti Shu Dalam Game Dynasty Warrior), di dukung oleh Zhuge Liang, Guan Yu, Zhang Fei, Zhao Yun dan lainnya. Lalu Cao Cao(Atau Dinasti Wu Dalam Game Dynasty Warrior) di dukung oleh Zhang Liao, Xiahou Dun, Cao Ren, Xun Yu, Guo Jia & Sima Yi. Terakhir adalah Sun Quan Anak ke-2 Sun Jian (Atau Dinasti Wei Dalam Game Dynasty Warrior)yang di dukung oleh Zhou Yu, Lu Su, Lu Meng, Lu Xun, Gan Ning dan lainnya.

Setelah Cao Cao wafat, Cao Pi anak Cao Cao memutuskan untuk menghapus Dynasty Han yang sudah melemah, dan mendirikan Dynasty-nya sendiri. Cao Pi kemudian membentuk Dyansty Wei, di susul Liu Bei membentuk Dynasty Shu dan terakhir Sun Quan dengan Dynasty Wu.

Setelah Liu Bei Wafat, Shu di pimpin oleh anaknya Liu Chan dan di bantu oleh Zhuge Liang. Tetapi Liu Chan sangat tidak kompeten & terlalu banyak percaya kepada kasimnya Huang Hao, sehingga setelah beberapa tahun Zhuge Liang Wafat, Shu Dapat ditaklukan Oleh Wei ditandai dengan menyerahnya Liu Chan kepada Wei. Wei sendiri akhirnya hancur karena pemberontakan Anak Sima Yi, Sima Zhao . Sima Zhao lalu membentuk Dynasty-nya sendiri yaitu Dynasty Jin. Lalu terakhir Jin di bawah pimpinan Sima Yan, anak SiMA Zhao pun mampu menghancurkan Wu sehingga akhirnya China bersatu kembali dalam satu Dynasty yaitu Dynasty Jin.

Untuk cerita lengkapnya, sudah ada di Gramedia (kalau di tarakan masih belum), ada bukunya, tebal-tebal dan di bagi kedalam beberapa Jilid, dengan satu jilidnya harganya sekitar Rp 130.000. Atau Jika uang Anda pas-pasan dan punya mata yang kebal melototin monitor, coba aja baca cerita ini secara online di www.threekingdoms.com. Bahasanya Inggris tentu saja.

Nah Di beberapa Sumber yang saya baca juga setiap dinasti mempunyai taktik tersendiri dalam perang.... mulai dari

Wei
Wei mungkin merupakan Kelompok yang bisa dibilang punya banyak pasukan dari Kelompok Shu dan Wu....

Wei yang di pimpin Oleh Cao cao yang memang punya julukan "King Of the War" selama masa periodenya dia paling banyak mengumpulkan pasukan sebanyak 1/2 Juta Pasukan hanya dalam tempo 73 Tahun. dan itu merupakan rekor dalam sejarah militer (pada jaman itu )

Kemudian mengenai Strategi perang. Wei menerapkan Cavarly Atau Pasukan Berkuda, juga Perang Kejut (menyerang pada saat musuh sedang bersiap ataupun lengah). Mereka juga membangun Lembaga Militer,Hukum Tuntian (Hukum Militer)

Shu

Kalau untuk Shu, Mereka Mengandalkan Para Pemanah mereka untuk berperang disamping mereka punya penasehat perang seperti Zhuge Liang (tokoh Fav. saya soalnya hobi baca buku) dan Pang Tong. dan tentu saja Guan Yu "the Most Wanted People" yang jadi kartu As mereka serta Ksatria yang masih muda Zhao Yun.

Wu

Di Cerita mereka biasanya berperang memanfaatkan Elemen air. Maksudnya sering berperang di Sungai Atau di perairan. dan Para Warrior dari Wu juga punya Hero yang berbakat kaya Zhou Yu dan Sun Ce, trus ada Gan Ning dan Ling Tong. dan penasehatnya yang Seperi Lu Meng dan Lu Xun (yang ini masih muda tapi udah jadi Jendral bwat mimpin pasuka Utama)

Dan inilah Peta Daerah masing-masing Kekuasaan Kelompok Wu,Shu,Wei



tapi lebih baik baca bukunya yang tebel karena elemen-elemen dalam novel Karya sastra lama ini wajib di baca. Oh yah buat Kalian yang penggemar Gamenya Yaitu Dinasti Warrior akan saya Posting lain waktu.

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com