Tuesday, November 27, 2007

BabaFlash.com


Sejak tahun 2000-an, kata flash begitu dikenal dikalangan desainer animasi dan game. Flash berasal dari Macromedia Flash, software yang yang banyak digunakan desainer animasi dan game. Lalu di Indonesia pun berdiri komunitas pengguna flash. Situs webnya: Babaflash.com (vicman)



Menyebut namanya emang unik. Babaflash, yang berasal dari baba dan flash. Kok baba ya? Baba berarti bapak, babe, abah atau yang dituakan. Nah, dalam bahasa web desain orang yang dituakan disebut master. Diharapkan, komunitas ini bisa bikin membernya jadi master. Baba juga dipanjangin jadi Bhakti Adikarya Buana Abadi, yang artinya berkarya terus tanpa beban dan menikmati pekerjaan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Begitu ditulis dalam About Us situs web ini.



Seperti namanya, Babaflash.com emang dihadirkan buat komunitas pengguna flash. Situs ini diluncurkan pada November 2002. Pendirinya adalah Zeembry, Henky Prihatna, dan babaYo. Zeembry adalah yang memelopori ide pendirian situs ini. Dia banyak menulis buku-buku tentang flash, menjadi pembicara seminar di berbagai tempat untuk mensosialisasikan animasi & teknologi flash. Di Babaflash Zeembry sebagai content manager. Lalu Henky Prihatna, Webmaster Babaflash, seorang penulis buku Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Dia juga seorang pembicara seminar. Kini dia sedang menyelesaikan kuliahnya di Nanyang University, Singapore mengambil jurusan MBA, IT Specialist. Sedang babaYo, programmer Babaflash yang tahu tentang seluk beluk pembuatan situs ini dan juga sekaligus memaintainnya, membuat aturan main demi kenyamanan para member.


Lalu apa yang bisa kita dapet di Babaflash.com? Situs webini menyajikan banyak fitur. Di bagian atas ada BabaCard, BabaNews, BabaInterview, BabaTutorial, BabaCoolsite, BabaForum, dan BabaPromosi. Selain itu ada juga BabaStory, BabaGames, BabaAward, BabaChatting, BabaMailinglist, BabaGathering, BabaTraining, dan BabaDevelopment.



Nah coba kita lihat satu-satu, tapi nggak semuanya ya. BabaCard itu berisi kartu-kartu elektronik yang didesain dengan flash. Berbagai kategori e-card bisa kamu dapetin di sini. Kalo kamu bisa bikin desain e-card dengan flash, juga bisa upload karya kamu di sini. Kartu kamu juga bakal ketauan, apakah digemari atau nggak sama member lain. Peringkat e-card yang dikirim bisa dilihat di Top Send.



Fitur lain yang wajib kamu kunjungi adalah BabaInterview. Di sini kamu bisa menyimak puluhan hasil wawancara tim Babaflash dengan desainer animasi dan game. Untuk game misalnya, ada wawancara dengan Wandah, Arief Raditya, Fajar Ferdian, Shuciantow, Ferry Halim, dan David Setiabudi.



Selanjutnya, kita bisa klik BabaGame. Di sini kamu bisa mencoba memainkan game-game flash bikinan anak negeri sendiri. Ada 72 game flash yang disajikan di sini, yang menandakan udah banyak pembuat game flash Indonesia yang jago-jago. Game-game flash yang dimuat di sini, juga dimuat di portal-portal game luar negeri. Selain memuat game, fitur ini juga memuat beberapa link ke situs-situs game dan tutorialnya.



Selain game flash, di Babaflash kamu juga bisa menikmati flash animasi dan kartun. Sajian ini ada di fitur BabaStory. Ada 64 animasi dan kartun yang bisa kamu tonton. Memang dibandingkan film-film animasi dan kartun di televisi, karya-karya flash animasi ini amat sederhana dengan durasi yang pendek. Tapi, ya lumayanlah buat hiburan di waktu luang. Di fitur ini juga dimuat link-link bagus website animasi Indonesia dan tutorialnya.



Nah, kalau kamu bener-bener tertarik dengan flash animasi, bolehlah masuk ke BabaTraining alias BabaStudio. Suksesnya Babaflash sebagai wadah komunitas falsh Indonesia dan malah pernah meraih sebagai website terbaik pada Bubu Award 2003, membuat para pendirinya menyelenggarakan training atau pelatihan multimedia. Di fitur ini kamu bisa mendapatkan info tentang berbagai training yang diselenggarakan Babaflash dan biayanya.


Terakhir, kalau kamu punya duit, mau dibikin desain animasi flash, boleh pesen juga ke Babaflash. Untuk itu buka aja fitur BabaDevelopment. Kamu bisa liat dulu klien yang pernah diservis sama Babaflash dan baca juga layanan apa aja yang disajikannya. Kalo udah yakin mau pesen, tinggal kontak aja.

No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar. dan anda bisa menggunakan beberapa Tag HTML.

bagi user awam silahkan pilih opsi Nama/Url di menu drop down.

dan bagi user blogger bisa menggunakan ID Google atau bloggernya.

Terima Kasih

News on Indonesiantunes.com